Puluhan Calon Perangkat Desa Dapatkan Pembinaan

BOGOR, INFODESAKU – Sebanyak 23 orang calon perangkat desa dari 6 desa di Kecamatan Sukaraja mendapat pembinaan dari Pemcam Sukaraja, Jum’at(16/03)lalu. Kegiatan berlangsung diaula kantor Kecamatan. Mereka diberi pengarahan tentang bentuk tata kelola pemerintahan desa secara umum.

Kasi Pemerintahan Kecamatan Sukaraja, Hendaya Zakaria menjelaskan pentingnya pembinaan bagi calon perangkat desa, agar mereka mengerti tugas dan tanggungjawab dalam menjalankan tugas kesehariannya.

“Sebelum terjun menjadi perangkat desa, para calon perangkat desa harus mengetahui dan mengerti tupoksi dalam menjalankan tugasnya, untuk itu pencam memberi pembinaan tentang gambaran umum pemerintahan desa, jadi pada saat mereka bekerja sudah memahami pekerjaannya,” jelas Hendaya.

Masih menurut Hendaya,”setelah mendapat pembinaan, selanjutnya calon perangkat desa akan di tes kemampuan dasar tertulis, psikotes dan tes kemampuan membuat laporan dengan menggunakan komputer yang akan kita laksanakan pekan depan.

“Hasil dari tes ini akan kita ranking sebagai rekomendasi bagi kepala desa untuk penempatan perangkat desanya,” kata Hendaya.

Sementara salah satu calon perangkat desa Muhammad Rizky (23) berujar pembinaan dari kecamatan sangat bermanfaat buat perangkat desa karena melalui pembinaan mengetahui tupoksi perangkat desa dalam bertugas.

“Sangat bermanfaat sekali pembinaan ini, karena kami calon perangkat desa diberi pengetahuan tentang desa serta tupoksi dalam bertugas nanti, masih ada tahapan tes selanjutnya bagi perangkat desa sebelum diangkat oleh kepala desa, menurut saya ini sangat fair dalam rekruitmen calon perangkat desa.” ujar Rizky.

Laporan : AJH

Related posts

Arak Dongdang Hiasi Hajat Bumi di Desa Bendungan

Dinas PMD Lamsel Adakan Pembinaan Desa – Desa Wisata

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional