Ribuan Petugas SP2020 Garut Siap Tempur

GARUT, INFODESAKU – Ribuan Petugas Sensus 2020 Kabupaten Garut siap mendatangi ruamah penduduk pada 1 September. BPS Garut menargetkan pencacahan penduduk lapangan berlangsung 15 hari terhitung dari 1-15 September. Dengan jumlah petugas 1940 yang tersebar di 42 kecamatan. Sabtu (30/08) lalu.

Asep Setiawan selaku Koordinator Statistik Kecamatan (KSK) seusai melakukan penyerahan Dokumen pada Petugas Sensus di Wartek Desa Dunguswiru Kecamatan Balubur Limbangan menjelaskan pada tahapan tersebut, petugas akan datang ke setiap rumah penduduk. Baik penduduk yang sudah maupun yang belum berpartisipasi pada sensus penduduk mandiri, serta melengkapi data warga yang masih kurang saat sensus penduduk mandiri atau online.

” Petugas akan memeriksa atau melakukan verifikasi daftar penduduk didampingi ketua atau pengurus RT setempat. Sebelumnya calon petugas telah dilakukan rapid test secara serentak di 42 kecamatan, jadi masyarakat jangan khwatir karena semua petugas negatif reaktif,” jelasnya.

Pelaksanan SP2020 tetap mengedepankan Protokol Kesehatan untuk Petugas Sensus Penduduk di Garut.

” Hal ini merupakan pelayanan prima mendekatkan para petugas dengan tempat tinggalnya. Para petugas akan membawa daftar penduduk pada lingkungan satuan setempat terkecil [RT] daftar penduduk pada desa untuk menanyakan kondisi kependudukan,” lanjut dia.

Untuk melaksanakan sensus penduduk ini, petugas sensus dilengkapi dengan tas, rompi, surat tugas, name tag serta alat pelindung diri (APD) berupa masker, face shield, hand sanitizer dan sarung tangan.

Dia mengatakan kick off sensus penduduk dilakukan pada tanggal 31 Agustus 2020, serentak secara nasional. Sensus penduduk 2020 dilakukan untuk mewujudkan satu data kependudukan Indonesia.

 

 

Laporan : BHEGIN

Related posts

Festival Panen Hasil Belajar Sekolah Penggerak SDN 01 Trans Batumarta VII

Hari Lahir Pancasila, Warga Desa Tajimalela Tersenyum Lebar

Pastikan Pembagian Bantuan Beras Berjalan Lancar, Petugas Lakukan Monitoring