Luput Perhatian Dari Pemerintah, Delapan Anak Yatim Warga Desa Tangkil Tinggal Dirumah Tidak Layak Huni dan Rawan Tergerus Longsor

BOGOR, INFODESAKU – Rumah Tidak Layak Huni Berdiri diatas tanah yang kondisinya rawan longsor diakibatkan telah ada pergerakan tanah dan longsor kecil. Rumah tersebut di Huni oleh Sembilan orang terdiri dari kepala keluarga dan delapan anak yatim. Kondisi ekonomi semakin memburuk sejak ditinggal suami hingga saat ini Aisah Suningsih warga Kp. Ciburial RT 002/006, Desa Tangkil, Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor tak mampu untuk merenopasi rumahnya yang telah rapuh akibat termakan usia dan terkena adanya gempa beberapa tahun silam terlebih saat ini sejak satu minggu lalu terjadi pergerakan tanah akibat curah hujan yang terus mengguyur kawasan Caringin, Bogor. terpantau oleh media, guna untuk menghindari kejadian longsor berikutnya warga berusaha menutupi permukaan tanah dengan plastik. Minggu, (10/01).

Aisah Suningsih, selaku kepala keluarga yang sehari-harinya hanya mengurus rumah tangga dirinya berharap ingin segera mendapatkan perhatian dan bantuannya dari pemerintah.

“Sejak rumah saya terkena dampak gempa beberapa tahun lalu dan semingg yang lalu terjadi longsor pada waktu asar kejadian ini langsung dilihat oleh ketua RT, tapi sampai saat ini dari pihak pemerintah desa belum ada yang berkunjung dan memberikan bantuan, saya berharap secepatnya ingin mendapatkan bantuan kasihan sama anak-anak kalau malam-malam kemudian ada hujan lebat khawatir terjadi longsor. Mudah-mudahan ada rezekinya dan dibantu oleh oleh pemerintah,” ungkapnya kepada wartawan.

Ade Hermawan, Ketua RT 02/06 saat diwawancara dirinya menyampaikan kejadian ini, menurut dirinya telah melakukan sesuai tupoksinya yaitu melaporkan kejadian kondisi waerganya kepada ketua RW 06 dan pihak pemerintah desa melalui pesan wathsapnya kepada sekdes desa tangkil.

“Kejadiannya satu minggu lalu, sampai saat ini belum ada pihak pemerintah desa yang meninjau ke lokasi, dirinya berharap minimal pihak desa melihat kondisi keluarga Aisah. Berharap secepatnya mendapatkan perhatian dan bantuannya jangan sampai terjadi musibah yang tidak diharapkan,” ujarnya.

Diwaktu bersaman beberapa relawan sosial sedang mengunjungi rumah ibu aisah berusaha mendata untuk didata kedinas sosial dan juga memberikan makanan kepada anak-anak yatim. mereka berharap pihak desa mau turun meninjau warganya. Dan sejak diinformasikannya kejadian ini kepada kepala desa tangkil melalui pesan wahtsapnya tidak ada jawaban dan tanggapan sama sekali hingga diterbitkannya berita ini.

Laporan : Fauzi

Related posts

Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan Launching RW Bersih Narkoba Satu-satunya se-Jawa Barat

Iwan Setiawan Mengikuti Arahan Presiden Jokowi Pada Rakornas Pengawasan Intern 2023

Tumpukan Sampah Mulai Diangkut, Warga Desa Bojonggede Merasa Lega