Forkopimcam Cibadak Tinjau Persiapan “Kampung Tangguh” Guna Antisipasi Covid-19 Dan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat.

SUKABUMI, INFODESAKU – Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Cibadak, Tinjau kesiapan pelaksanaan  “Kampung Tangguh” di kampung Kebonpala RW 027, Kelurahan Cibadak, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi.

Program “Kampung tangguh” yang diluncurkan baru-baru ini di berbagai wilayah di Indonesia merupakan upaya pemerintah pusat untuk menangkal COVID-19 dengan kearifan lokal.

“Kampung Tangguh di harapkan menjadi Cikal bakal Pemerintah dalam menangani permasalahan yang ada pada saat ini, sekaligus mendorong masyarakat untuk berinisiatif mengatasi masalah secara mandiri dalam menangkal pandemi virus berbahaya,” kata, Lesto Rosadi Camat Cibadak, Kamis(4/02/2020).

Menurut Lesto, ada beberapa Konsep untuk mendorong berdirinya “Kampung Tangguh” seperti untuk pencegahan penyebaran Covid-19, pemberdayaan ekonomi masyarakat, ketahanan pangan dan pengelolaan sampah rumah tangga yang melibatkan semua stakeholders (pemangku kebijakan) melalui sistem goto-royong. Kegiatan kampung tangguh lebih mendorong masyarakat untuk bergoto-royong agar terwujudnya Kampung tangguh sesuai dengan instruksi Presiden yang tidak lanjuti oleh para Gubernur, Bupati, Camat dan Kepala Desa/Kelurahan di Indonesia.

“Pandemi ini harus memperkokoh semangat gotong-royong untuk menghadapi COVID-19. Melestarikan kearifan lokal dalam menjalani kehidupan new normal satu cara untuk memutus mata rantai COVID-19,” pungkasnya.

Laporan : Rudi T

Related posts

Melalui Musdes Tim Penyusun RKP Desa Mulai Dibentuk

Satu lagi Posyandu Diresmikan Kades Cimandala

Delapan Fraksi DPRD Lampung Selatan Setujui 4 Paket Raperda Jadi Perda