Kades Majasari, Data SDGs Harta Yang Berharga

GARUT, INFODESAKU – Pemutakhiran IDM 2021 juga berbasis SDGs Desa. Pemutakhiran data berbasis SDGs Desa adalah pemutakhiran data IDM yang lebih detil lagi, lebih mikro, sehingga bisa memberikan informasi lebih banyak. Sebagai proses perbaikan, ada pendalaman data-data pada level RT, keluarga, dan warga. Untuk itu Pemerintah Desa Majasari Kecamatan Cibiuk menggelar Pelatihna Pemutahiran Data SDGs dan IDM di Aula desa. Senin, 04/ 05

Dalam sambutannya Kepala desa Sulaeman menyampaikan bahwa harta yang berharga bagi deda itu bukan emas, intan atau berlian melainkan data akurat yang sesuai fakta karena dengan data tersebut pemerintah bisa menysun dan merencanakan pembangunan sesuai dengan kebutuhan.

“Data yang akurat dan sesuai fakta merupakan harta yang sangat berharga dibanding emas, intan dan berlian karena data merupakan bahan rekomendasi penyusunan program dan kegiatan pembangunan desa”, paparnya.

Sementara Ketua Pokja Ahmad Saeful Bahri yang juga Sekretaris desa menjelaskan tujuan dari pendataan SDGs untuk menyusun Pokja Relawan pendataan desa, memutahirkan data pada level desa, memutahirkan data pada level RT, memutahirkan data pada level keluarga, memutahirkan data pada level warga menganalisis kaidah SDGs Desa dan merekomendasikan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat desa sesuai hasil analisa SDGs Desa.

“Prioritas penggunaan Dana Desa 2021 untuk pencapaian SDGs dalam pemulihan ekonomi nasional sesuai kewenangan desa, program prioritas nasional sesuai kewenangan desa dan adaptasi kebiasaan baru, desa aman covid-19”, tegasnya.

Peserta latihan terdiri dari para ketua lembaga desa dan tokoh masyarakat turut hadiri pula Bhabinkamtibmas, Kasi PMD kecamatan dan Pendamping desa.

Laporan : Bhegin

Related posts

Festival Panen Hasil Belajar Sekolah Penggerak SDN 01 Trans Batumarta VII

Hari Lahir Pancasila, Warga Desa Tajimalela Tersenyum Lebar

Pastikan Pembagian Bantuan Beras Berjalan Lancar, Petugas Lakukan Monitoring