Wabub Terima Warga Parakansalak Bahas Lapang Walagri

SUKABUMI, INFODESAKU – Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri menerima Persatuan Warga Parakansalak di Pendopo Sukabumi untuk membahas rencana kerjasama Lapang Walagri antara Pemkab Sukabumi dan PTPN VIII. Selasa, (7/9/2021).

Camat Parakansalak H. Royani mengatakan, masyarakat di wilayahnya menginginkan lapang yang representatif. Oleh karena itu, masyarakat menginginkan adanya peluasan area Lapang Walagri.

“Lapang Walagri ini, lapang yang sudah lama digunakan masyarakat. Namun, lahannya milik PTPN VIII. Sehingga, harus ada perjanjian dengan pihak PTPN VIII untuk membangun lapang itu menjadi lebih representatif,” ujarnya.

H. Royani juga menyampaikan adanya permintaan penambahan luasan lahan PTPN Yang dijadikan lapang. Sehingga, total luasan lahan untuk Lapang Walagri menjadi 2 hektare.

“Lahan yang menjadi lapang saat ini 1 hektare. Tapi masyarakat meminta tambahan agar totalnya menjadi 2 hektare, oleh karena itu, perlu adanya tindaklanjut perjanjian kerjasama. Terutama mengenai lamanya penggunaan lahan dan pembayaran pajak area yang dijadikan lapang” tambahnya

Menurutnya, Pengelolaan lahan ini bisa 5, 10, dan 15 tahun. Pembuatan draft kerjasamaya oleh pihak PTPN VIII. Mereka menunggu kesiapan Pemda, dirinya juga berharap, ada progres lanjutan daru audiensi ini. Sehingga, optimalisasi Lapang Walagri bisa segera terwujud

Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri merespon hal tersebut, dikatakanya, mengenai waktu perjanjian tinggal dicari yang paling mudah ditempuh. Sebab, perjanjian bisa diperpanjang.

“Kalau berkaitan hal lainnya. Harus dibahas lebih lanjut. Tapi secara garis besar, lahan PTPN di Sukabumi bisa dikerjasamakan dengan pemda,” pungkasnya.

 

Laporan : Kf/ BA

Related posts

Bupati Sukabumi Hadiri Rapat Paripurna DPRD Sampaikan Dua Raperda

Wujudkan Kondusifitas Dalam Pilkades,Wabub Minta Panitia Dan Panwas Berkerja Sesuai Aturan

Puluhan Keluarga Penerima Manfaat Desa Nangka Terima BLT DD