31 Petugas Keswa Puskesmas Se-Kota Tangsel, Dapatkan Pembekalan Penanganan ODGJ dari RSJMM

TANGSEL, INFODESAKU – 31 Petugas Kesehatan Jiwa (Keswa) Se-Kota Tangerang Selatan Banten, mendapatkan Pembekalan Informasi Pelayanan Kesehatan Jiwa Masyarakat, yang disajikan dalam bentuk presentasi, video, diskusi tanya jawab dan simulasi, yang digelar di Aula RM. Pangeran yang berlokasi di Jl.Raya Serpong No.67 Kel.Pondok Jagung Kec.Serpong Utara Kota Tangerang Selatan Provinsi Banten.

31 Petugas Keswa yang terdiri dari Dokter dan Perawat dari 31 Puskesmas Se-Kota Tangsel, sangat antusias mengikuti kegiatan pembekalan, terlebih sebagian dari mereka, sudah sering berkoordinasi untuk melakukan rujukan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang selama ini sering dibantu dan difasilitasi oleh petugas RSJ.Dr.H. Marzoeki Mahdi (RSJMM) Bogor.

Kepala Seksi P2PTM & Keswa Dinkes Kota Tangsel, : dr. Eliwedi Erni yang didampingi Mansur, AMd.Kep, sebagai PJ Program Jiwa, melaporkan bahwa, terdapat 1172 ODGJ yang terdaftar di Kota Tangsel, yang tersebar di 31 Puskesmas, 7 Kecamatan dan 54 Kelurahan. Dinkes Kota Tangsel telah melakukan beberapa upaya kegiatan, untuk peningkatan pelayanan kesehatan jiwa, seperti : Deteksi Jiwa dan Napza, Life Skill petugas keswa, Pembentukan Kelurahan Sehat Jiwa, Koordinasi Lintas Program Jiwa dan Napza, dll. Di ujung sambutan pembukanya, dr. Eliwedi mengucapkan terimakasih atas pelayanan RSJMM yang telah memfasilitasi rujukan jiwa,

“Terimakasih kepada RSJMM yang telah memfasilitasi proses rujukan jiwa ke IGD RSJMM dan mudah-mudahan kegiatan ini akan menambah keterampilan petugas keswa dalam memberiksn pelayanan jiwa kepada ODGJ”. Ujarnya.

Iyep Yudiana, SKM. MKM., sebagai Promotor Kesehatan Jiwa RSJMM, yang diminta untuk menjadi Narasumber Kegiatan, memberikan pembekalan terkait Assesment ODGJ dan Keluarga, Penanganan ODGJ Pasung, ODGJ Terlantar, Jaminan Rawat, Alur Rujukan ODGJ, Penggunaan BPJS dan Jamkesda, yang semuanya disajikan dalam bentuk presentasi, video, diskusi yang diakhiri dengan simulasi proses Assesment dan Penanganan ODGJ serta tanya jawab yang aktif dari beberapa petugas keswa puskesmas, yang sudah tidak sabar untuk mengajukan berbagai pertanyaan dan langsung dihadiahi Majalah Dholphin, yaitu majalah yang berisi Informasi, Edukasi dan Pelayanan Kesehatan Jiwa yang ada di RSJMM. Kegiatan dipungkas dengan photo bersama dengan penuh kehangatan dari seluruh petugas Dinkes dan Keswa Se-Kota Tangsel.

 

🖐Stop Pasung.

💪Sehat Jiwa.

🤝Pulih, Produktif dan Mandiri.

 

 

Laporan : Red/PKRS RSJMM

Related posts

Pentas PAI Tingkat Jabar, BUPATI” Lahirkan Generasi Bangsa Berkuwalitas Perkuat Nilai Akidah DI Era Moderensasi”

Pemerintahan Desa Kecapi Melaksanakan Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu

Penyaluran BLT DD Tahap II Tahun 2023 Desa Tugumulyo Berjalan Kondusif