Warga Mendesak Jalan Tapal Batas Cinanas- Pruwatan di Perbaiki

BREBES, INFODESAKU – Kondisi Jalan di perbatasan Desa Cinanas Kecamatan Bantar Kawung dengan Desa Pruwatan Kecamatan Bumiayu di Kabupaten Brebes, memprihatinkan. Meski hal ini terbilang lama, namun hingga kini belum adanya upaya perbaikan.

Salahastu warga Dukuh Karaang Gempol Cinanas, Udin (35) menuturkan jika kerusakan jalan tersebut terjadi sejak lama. Namun hingga kini, belum tersentuh adanya upaya perbaikan dari pemerintah.

“Sudah lama rusak dan belum ada perbaikan,” ujarnya kepada infodesaku, Rabu (18/1/2022).

Diakuinya, jalan tersebut masuk wilayah Desa Pruwatan Kecamatan Bumiayu. Namun mayoritas penduduk yang melintas, merupakan warga Desa Cinanas Kecamatan Bantar Kawung yang melakukan aktivitasnya.

“Memang jalan ini lintasan warga Desa Cinanas, tapi wilayahnya masuk Desa Pruwatan Kecamatan Bumiayu,” katanya.

Warga lainnya, April (30) mengeluhkan hal serupa, dengan kondisi jalan yang rusak tanpa adanya perbaikan. Padahal, jalan tersebut merupakan akses warga Desa Cinanas menuju Pasar Bumiayu maupun kantor Kecamatan Bantar Kawung.

“Seharusnya pemerintah cepat tanggap. Karena, jalan ini sangat penting bagi warga Cinanas dalam melakukan aktivitasnya,” ujarnya.

Warga berharap, secepatnya adanya perbaikan dari pemerintah. Hal itu dilakukan guna menunjang aktivitas warga setempat dalam kesehariannya.

“Semoga cepat diperbaiki. Jika jalannya bagus, warga sini tidak lagi terhambat dalam melakukan aktivitas. Apalagi ketika hujan tiba, berubah menjadi licin dan bisa membahayakan warga,” tutupnya.

Soal ini, Kades Pruwatan Rasiman membenarkan kondisi rusaknya jalan tersebut. Menurutnya, pihaknya sudah melakukan upaya dengan berkoordinasi melalui UPT DPU Bumiayu, namun keweanangannya ada pada DPU Bantar Kawung.

“Sudah saya tanyakan DPU Bumiayu, katanya untuk wilayah perbaikannya masuk DPU Bantar Kawung,” katanya.

Sementara itu, Tanti selaku Kasubag TU DPU Bumiayu mengatakan, wacana perbaikan jalan tersebut sudah masuk di jadwal tahun ini.

“Infonya tahun ini ada jadwal perbaikan,. Memang itu masuk wilayah Bumiayu, tapi wilayah kerja ada di DPU Bantarkawung,” katanya

Menanggapi ini, Kepala UPT DPU Bumiayu, Andi menjelaskan jika Itu mekanisme pembagian ruas jalan saja. Namun tetap fokus pentingnya akan dimaksimalkan pembangunan.

“Terimakasih informasinya ya mas,” singkatnya.

 

 

Laporan : Idr/Asp

Related posts

Lahan Seluas 4.173 M2 Diklaim Warga, PT. PTP Persilahkan Untuk Tempuh Jalur Hukum

Pemdes Kompa Realisasikan Dana Desa, Bangun Infrastruktur Jalan

Puisi Puisi Soleh Sohih