Sosialisasi Pendaftaran Tanah Secara Virtual dengan Menteri ATR/KA BPN

TEMBILAHAN, INFODESAKU – Bupati Indragiri Hilir yang diwakili oleh Asisten II Setda Inhil Bidang Perekonomian dan Pembangunan Drs. H. Mukhtar T. MH mengikuti Video Converence Sosialisasi Pendaftaran Tanah secara virtual, Kamis (27/1).

Acara berlangsung diruang Zoom Meeting Diskominfo Pers, Kompleks Kantor Bupati dan diikuti oleh KA Bappeda, Kepala Bagian KSP serta OPD terkait.

Melalui Zoom Meeting Menteri ATR/BPN, Fairizon menyampaikan laporan manfaat Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

” Manfaat PTSL untuk menghindari dari sengketa dan konflik. Dengan bersertipikatnya tanah juga dengan itu masyarakat dapat melakukan kredit pada Bank untuk meningkatkan perekonomian di daerah masing-masing.” kata Fairizon

Dengan adanya program PTSL ini telah mendapatkan tanah sekian ribu. Namun dalam percepatan persertipikatan tanah masih terhambat pada pembayaran BPHTB.

Pemanfaatan Integrasi Data dengan Pemerintah Daerah telah melayani sebanyak 432 Kabupaten/Kota melalui Host to Host BPHTB. 432 Pemda sudah H2H BPHTB dengan Kementerian ATR/BPN Pada Tahun 2021 meningkat 72 Pemda yang melakukan H2H. Tahun 2020 BPHTB yang tercatat Rp.20,4 triliun meningkat 21,9% dari tahun 2020.

Fairizon juga mengatakan selain PST kami juga punya program desa lengkap. Kami juga meminta Bapak Bupati agar meminta BPHTB dengan lancar dengan Host to Host dengan ATR dan Dinas Pendapatan.

“Kami berharap Bapak/Ibu dapat memfasilitasi batas dan sempadan menyiapkan data yang di perlukan untuk mendaptarkan tanah melakukan pembebasan PBHTB untuk kegiatan PTSL pada pendaftaran pertama,” tutupnya.

 

LAPORAN : FM

Related posts

Bupati Sukabumi Hadiri Rapat Paripurna DPRD Sampaikan Dua Raperda

Wujudkan Kondusifitas Dalam Pilkades,Wabub Minta Panitia Dan Panwas Berkerja Sesuai Aturan

Puluhan Keluarga Penerima Manfaat Desa Nangka Terima BLT DD