RSJMM Gandeng Dokter PPDS Unpad dan Puskesmas Pancasan, Lakukan Pendampingan Terhadap 20 Remaja di Panti PSA Bogor

BOGOR, INFODESAKU – RSJ.Dr.H. Marzoeki Mahdi (RSJMM) Bogor, gandeng Dokter PPDS (Program Pendidikan Dokter Spesialis) Universitas Padjajaran Bandung dan Puskesmas Pancasan Kota Bogor, untuk melakukan pendampingan terhadap 20 remaja penghuni Panti Perlindungan Sosial (PSA) Bogor, dalam progmam Assertive Community Treatment (ACT), melalui kegiatan Assesment dan Pendampingan Psikologis Remaja, yang digelar di Panti PSA Bogor. Rabu (23/03).

40 Peserta yang terdiri dari Tim RSJMM yaitu : Ns.Fauziah, S.Kep. M.Kep. Sp.Kep.J., Anisa Rahmawati, S.Psi. Psi., dan Iyep Yudiana, SKM. MKM., Dokter PPDS Unpad terdiri dari : dr.Puspita Dwi Wardhani, dr.Wardhani dan dr.Mirna lidiya Yosefa Sinaga., Puskesmas Pancasan yaitu : dr.Dessy Yuliarty, dr.Yudi Bella dan Nony Dwi Nirmaya, Amd.Kep., Petugas PSA Bogor dan 20 Remaja penghuni Panti PSA Anak Bogor, berkumpul di Aula PSA Bogor dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, untuk melakukan kegiatan Assesment berupa Tes SRQ dan Pendampingan melalui kegiatan Focus Group Discusion (FGD) untuk menilai dan mendalami masalah psikologis remaja yang ada di panti, sehingga mereka tetap dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, layaknya ada dalam lingkungan keluarganya.

Satuan pelayanan Perlindungan Sosial Anak (PSA) Tresna Putra Bogor, yang merupakan UPTD Pusat Pelayanan Sosial Griya Ramah Anak Subang, pada Dinas Sosial Provinsi Jabar, yang berlokasi di Jl.Arya Suryalaga Kel.Cibalagung Kec.Bogor Barat Kota Bogor Jawa Barat, saat ini dipimpin oleh Apipudin, S.IP, sebagai Penanggung Jawab Satpel PSA Bogor, bersama 20 petugas lainnya, berada di area seluas 5590 M2, dengan bangunan seluas 3400 M2, menampung sekitar 60 anak dan remaja dari usia, SD, SMP, SMA/SMK, dari latar belakang anak sebagai anak yatim, piatu, duafa, terlantar pengasuhan, disabilitas mampu didik dan mampu latih, dengan berbagai kegiatan panti seperti : Bimbingan sosial, psikologi, kerohanian, keterampilan, jasmani, kesenian dan pemenuhan kebutuhan dasar.

Panti PSA Bogor juga mempunyai program kegiatan unggulan yaitu kegiatan Marawis dan Hadroh Anak, yang sering ditampilkan pada saat kegiatan yang digelar di Balai-balai dilingkungan Kemensos atau dipanti-panti di lingkungan Dinsos Provinsi Jawa Barat.

Pendampingan Remaja di PSA Bogor, dipungkas dengan pemberian Kalender dan Majalah Dholphin dari RSJMM serta Al-Quran dan Sabun mandi dari Puskesmas Pancasan yang diterima langsung oleh petugas dan seluruh remaja yang menjadi peserta kegiatan dan diakhiri dengan photo bersama.

Tim RSJMM, Dokter PPDS Unpad dan Puskesmas Pancasan disertai Kader dan Aparat setempat langsung meluncur mengunjunngi beberapa rumah warga di wilayah binaan Puskesmas Pancasan bogor barat, untuk memberikan pendampingan dan edukasi masalah kesehatan jiwa kepada pasien dan keluarganya sehingga pasien mau untuk dibawa ke puskesmas dan dirujuk ke RSJMM.

 

🖐Stop Pasung.

💪Sehat Jiwa.

🤝Pulih, Produktif dan Mandiri.

 

 

 

Laporan : Red/PKRS RSJMM

Related posts

Ini Penjelasan Ibu Tuti Selaku Penjual Tanah seluas 4.173 M³ Yang di Klaim Warga

Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Camat Bilang Begini

Pemdes Bantar Jati Bersama Masyarakat Laksanakan BBGRM XX 2023 di Dua Titik