Pengunjung Puskesmas Pancasan Mendadak Dapatkan Penyuluhan Jiwa dan Kunjungan Rumah Gratis dari PPDS UNPAD dan PKJN-RSJMM

BOGOR, INFODESAKU – Pengunjung Puskesmas Pancasan Kota Bogor, yang berlokasi di Jl.Aria Suryalaga No.12. Pancasan Kec.Bogor Barat Kota Bogor, mendadak dapatkan Penyuluhan Kesehatan Jiwa dari Tim Assertive Community Treatment (ACT) Pusat Kesehatan Jiwa Nasional RSJ.Dr.H. Marzoeki Mahdi (PKJN-RSJMM) Bogor dan PPDS Unpad secara gratis. Selasa (13/09).

Sekitar 100 pengunjung yang terdiri dari pasien, keluarga, pendamping, kader dan petugas puskesmas yang sedang memberikan pelayanan, sejenak mengikuti jalannya penyuluhan kesehatan jiwa yang dibuka langsung oleh Dr.Dessy Yuliarty, sebagai Kepala Puskesmas Pancasan yang didampingi oleh Nony Dwi Nirmaya, Amd.Kep., sebagai Programer Kesehatan Jiwa.

“Mohon maaf bapak ibu, kita kedatangan tim dari RSJMM dan Dokter Unpad, untuk memberikan penyuluhan kesehatan jiwa, semoga bermanfaat untuk kita semua”. Ujarnya kata sambutan yang di sampaikan langsung oleh kepala puskesmas, dihadapan seluruh pengunjung Puskesmas Pancasan

Sementara dr.Gensya Prangomo, dari Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Universitas Padjajaran (UNPAD) Bandung, yang sedang menjalani praktik klinik di PKJN-RSJMM, yang didampingi Iyep Yudiana, SKM. MKM., sebagai Penyuluh Kesehatan, tampil memberikan penyuluhan atau psikoedukasi dihadapan seluruh pengunjing yang hadir, dengan tema “Pentingnya Menjaga Prilaku Hidup Sehat Jiwa”

Para pengunjung sangat antusias mendengarkan penyuluhan kesehatan, karena sangat jarang ada penyuluhan yang diberikan kepada pengunjung langsung diruang tunggu puskesmas.

Kunjungan Rumah (Home Visite) dilakukan kepada Tn.A yang beralamat di Kampung Parakan Pasir Kuda Kec.Bogor Barat dan Ny.D, yang beralamat di Desa Ciomas Rahayu Kec.Ciomas.

Ns.Fauziah, S.Kep. M.Kep.Sp.Kep.J., sebagai Perawat Konsultan Jiwa dan Anisa Rahmawati, S.Psi. Psi., sebagai Psikolog PKJN-RSMM, yang didampingi petugas Puskesmas Pancasan, PPDS UNPAD dan kader setempat, melakukan assesmen dan edukasi kesehatan jiwa kepada ke-2 pasien dan keluarga yang dikunjungi, sambil memberikan saran untuk datang berobat ke PKJN-RSJMM.

Keluarga pasien menyatakan sangat senang sekali, rumahnya dikunjungi.

“Terimakasih untuk Puskesmas Pancasan, RSJMM dan Dokter Unpad, yang telah bersedia berkunkung ke rumah kami”. Ungkapnya.

Demikian sepenggal kata yang disampaikan salah satu anggota keluarga, sesaat sebelum tim berpamitan pulang setelah selesai melakukan kunjungan rumah.

 

🖐Stop Pemasungan dan Penelantaran ODGJ.

🤝Manusiakan Manusia Lebih Manuasiawi.

💪Sehat Jiwa : Pulih, Produktif dan Mandiri.

 

 

 

Laporan : Red/PKRS PKJN-RSJMM

Related posts

Festival Panen Hasil Belajar Sekolah Penggerak SDN 01 Trans Batumarta VII

Hari Lahir Pancasila, Warga Desa Tajimalela Tersenyum Lebar

Pastikan Pembagian Bantuan Beras Berjalan Lancar, Petugas Lakukan Monitoring