Pemdes Limusnunggal Gelar Musrenbang Untuk Tahun 2023, Prioritaskan di Bidang Pendidikan dan Infrastruktur

BOGOR, INFODESAKU – Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa yang selanjutnya disebut Musrenbang Desa adalah musyawarah antara BPD, Pemerintah Desa, dan unsur masyarakat yang diselenggarakan oleh Pemerintah Desa untuk menetapkan prioritas, program, kegiatan, dan kebutuhan Pembangunan Desa yang didanai oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa, Swadaya masyarakat Desa, serta Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten.

Pemerintah Desa Limusnunggal, Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) untuk tahun 2023. Kegiatan digelar diruang Aula Kantor Desa diikuti dan dihadiri Camat, Sat Pol PP, Kepala Desa beserta perangkat, BPD, Pendamping Desa, Babinsa, Bhabinmas, Linmas, RT/RW, elemen masyarakat lainnya termasuk tokoh agama dan tokoh masyarakat pada Rabu (02/11/2022).

Kepala Desa Limusnunggal Galih Rakasiwi saat di temui dirinya mengatakan, bahwa musrenbang kali ini yaitu menyerap semua aspirasi dari masyarakat baik dari kalangan RT, RW, dan KADUS. Pemerintahan Desa akan menetapkannya di awal tahun jadi kalau bukan ada pengajuan dari bawah kita tidak akan tahu warga keperluannya apa, butuhnya apa seperti jalan lingkungan yang rusak karena RT dan RW lebih mengetahui kebutuhan dilingkungannya.

“Sebelum musrenbang ini dilaksanakan saya lebih dulu mensosialisasikan ke masyarakat agar di ajukannya melalui ketua RT dan RW, alhamdulillah kali ini semuanya mengajukan untuk di anggaran di tahun 2023,” ujarnya.

Masih kata Galih lebih lanjut, dalam musrenbang ini saya memprioritaskan ke bidang pendidikan tetapi RT, RW masih banyak yang mengajukan di bidang infrastruktur seperti betonisasi jalan terutama di jalan-jalan kecil atau jalan lingkungan karena jalan-jalan besar itu sudah hampir terealisasi.

“Harapan saya dengan terbangunnya jalan betonisasi pada di tahun 2023 tentunya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, memudah akses masyarakat juga, semua bisa terealisasi dan Pemerintahan Desa akan melakukan kegiatan atau mengajukan yang lebih prioritas yang akan kita laksanakan terlebih dahulu.” Pungkasnya.

 

 

Laporan : EPF

Related posts

Pemkab Sukabumi Gelar HPN Tahun 2023, ” Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”

Tingkatkan Transparansi, Pj Bupati Brebes Minta Kades Buat LHKPN

WABUP Hadiri Rapat PARIPURNA DPRD, Laporan Masa Sidang Ke 1 Dan Penyampaian Nota Pengantar RAPERDA