Musrenbangdes Tahun Anggaran 2023 Desa Gunung Terang Skala Prioritas Normalisasi Kali

LAMSEL, INFODESAKU – Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (MUSRENBANGDes) sekaligus penetapan RKPDes tahun anggaran 2023, Desa Gunung Terang , Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, digelar. Senin (21/11/2022) di aula kantor Desa Setempat.

Diketahui, Musrenbangdes ialah musyawarah yang diselenggarakan satu kali dalam setahun guna diperuntukan untuk menetapkan prioritas, program, kegiatan, dan kebutuhan pembangunan desa yang didanai oleh anggaran pendapatan dan belanja desa, swadaya masyarakat desa, dan/atau anggaran pendapatan dan belanja daerah kabupaten/kota.

Dihadiri oleh Camat Kalianda yang diwakili oleh Sekertaris Kecamatan Kalianda Muhammad Nur, SE beserta jajaran, KUPT Pertanian Kecamatan Kalianda Purwaji, KUPT Keswan Kecamatan Kalianda Sumarman, Korluh Kecamatan Kalianda Komalasari, KUPT PU Kecamatan Kalianda TB. Munadi, Pendamping Desa (PD) Kecamatan Kalianda, Pendamping Desa (PD) Kabupaten Lampung Selatan, Bhabinkamtibmas Desa Gunung Terang Nazaruddin, BPD Desa Gunung Terang Hasyim , LPM Desa Gunung Terang Hasanudin , tokoh Adat , tokoh Masyarakat , tokoh Agama dan tokoh Pemuda Desa Gunung Terang. Serta seluruh aparatur Desa Gunung Terang dan Ketua tim penggerak PKK Desa Gunung Terang juga turut serta menghadiri acara Musrenbangdes tersebut.

Subri kades gunung Terang menjelaskan dalam rangka musrenbangdes 2023, khususnya desa gunung terang karena desa kita dampak banjir maka untuk skala prioritas kami normalisasiini mungkin nanti kerja sama dengan pihak penanggulangan bencana atau pihak PU untuk kegiatannya, tapi tetap kita anggarkan normalisasi untuk kali sepanjang lebih kurang 700 M, titik nya di RT 02 dusun Jambat Besi

” Kita upayakan untuk Infrastruktur tetap berjalan kalau memang pagunya sudah ada, mudah – mudahan dengan program – program yang ada di Gunung Terang ini akan mencapai lebih baik lagi, memang betul untuk merubah menset warga itu tidak segampang itu, perlu waktu tidak setahun dua tahun mungkin sampai tiga tahun, karena untuk perubahan menset sangat susah sekali dibandingkan dengan kita membangun,” ucap Subri.

Lebih lanjut, Mudah – mudahan dengan usulan kita dengan door to door artinya kita masuk sesuai degan harapan kita ke instansi – instansi yang terkait , terutama pertanian kita, terutama padi dan jagung.

“Alhamdulilah ada luncuran bantuan untuk kelompok tani , karena bantuan – bantuan yang di peruntukan untuk masyarakat, apalagi kelompok tani kerena mereka sudah punya registrasinya, terutama kelompok tani yang proaktif, apa mau mereka bukan hanya bibit, tapi dari peralatan sederhana dan sebagainya yang bermanfaat untuk warga desa kelompok tani sendiri,” ungkap Kades Gunung Terang.

Saya harapkan warga kita khususnya gunung terang akan buka mata buka telinga, ya bagaimana kita akan maju itu seperti apa, tentu kita belajar dengan desa – desa yang lain, ” pungkasnya.

 

 

Laporan : Beddi Rizal

Related posts

Festival Panen Hasil Belajar Sekolah Penggerak SDN 01 Trans Batumarta VII

Hari Lahir Pancasila, Warga Desa Tajimalela Tersenyum Lebar

Pastikan Pembagian Bantuan Beras Berjalan Lancar, Petugas Lakukan Monitoring