Pemdes Ciketak Bangun Penyediaan Air Minum Dan Sanitasi Berbasis Masyarakat

KUNINGAN, INFODESAKU – Pemerintah Desa Ciketak, Kecamatan Kadugede, Kabupaten Kuningan membangun penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat guna memenuhi kebutuhan dasar berupa air bersih.

” Saat ini Pemdes Ciketak sedang melakukan pengeboran sumur dengan kedalaman 80 Meter di Dusun I Rt 01 Rw 03 yang lokasinya lebih tinggi agar air mudah di salurkan ke warga, ” Ucap Sekdes Ciketak Asep Kurnia bersama Kaur Keuangan Eman, dilokasi pembangunan penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat, Kamis ( 08/12/2022 ).

” Di lokasi ini juga sedang di bangun broncap untuk menampung air yang disedot dari sumur, akan di buat bak pembagi untuk di distibusikan kepada warga desa ciketak,” lanjut Asep Kurnia.

Ia mengatakan bahwa pamsimas merupakan sebuah program pemberdayaan yang melibatkan secara langsung masyarakat mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan pembangunan sarananya di lapangan hingga proses pengelolaan dan pemeliharaannya, karena sarana air bersih yang sudah di bangun di butuhkan peran aktif masyarakat lewat kelompok pengelola sistem penyedia air minum dan sanitasi.

Menurut Sekdes, program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat ( PAMSIMAS ) berasal dari APBD Kabupaten Kuningan sebesar Rp. 250 Juta.

Dalam pengerjaaannya di laksanakan oleh kelompok masyarakat ( Pokmas ) dengan ketua H. Ajat Sudrajat, Bendahara Adi Usmar, dan Ketua Pelaksana Apud ( Kadus I Ciketak ).

Menurut Apud Ketua Pelaksana Mengatakan selain sedang melakukan pengeboran sumur juga di bangun broncap dengan ukuran panjang 3 meter, lebar 3 meter dan tinggi 2,50 meter.

“Selain pengeboran sumur, dibangun juga broncap sebagai penguat pembuatan sumur bor,” tukasnya.

Asep Kurnia berharap dengan pembangunan sumur bor program PAMSIMAS ( Penyediaan Air Minum Dan Sanitasi Berbasis Masyarakat ) kebutuhan air bersih warga desa ciketak terpenuhi.

 

Laporan : BUDI KNG

Related posts

Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan Launching RW Bersih Narkoba Satu-satunya se-Jawa Barat

Iwan Setiawan Mengikuti Arahan Presiden Jokowi Pada Rakornas Pengawasan Intern 2023

Tumpukan Sampah Mulai Diangkut, Warga Desa Bojonggede Merasa Lega