LSM IKKPAS, PLD, Maktab Faal Cisarua Fasilitasi Posko Bantuan Bencana

BOGOR, INFODESAKU – Setiap yang namanya musibah atau bencana apapun tidak akan pernah ada yang tahu, kejadian tersebut telah menimpa warga masyarakat Puncak Kecamatan Cisarua, karena intensitas hujan semenjak hari minggu kemarin cukup tinggi, mengakibatkan banjir dan longsor dibeberapa titik wilayah Puncak mengalami kerusakan relatif cukup parah.

Seperti pemberitaan sebelumnya,dengan kejadian musibah yang menimpa warga masyarakat Puncak, beberapa relawan kemanusiaan yang tergerak hatinya bersatu padu mendirikan posko peduli dan bantuan kemanusiaan. Salah satunya LSM IKKPAS (Ikatan Komunitas Kawasan Puncak Sekitar) dan Pendamping Desa (PD) Kecamatan Cisarua melakukan koordinasi dengan media Infodesaku mendirikan posko bantuan.

Seperti yang dikatakan Iman Sukarya, Ketua LSM IKKPAS, pihak kami rencana mendirikan Posko bantuan peduli bencana alam Puncak, setelah berkoordinasi dengan Kementerian Desa dan rekan-rekan dari Pondok Pesantren Daarut Tauhid Bandung, yang insha Allah akan memberikan bantuan dan partisipasi dalam penanggulangan bencana

“Ya tujuannya kami dari LSM IKKPAS dan PD Pendamping Lokal Desa Kecamatan Cisarua, juga karena sebagai warga masyarakat Cisarua Puncak merasa prihatin dan peduli serta harus tanggung jawab untuk membantu para korban dari musibah yang menimpa saudara-saudara kita,” tuturnya.(5/2)

Masih kata Iman, Ia menambahkan syukur alhamdulillah juga kita berkoordinasi dengan pemilik Maktab Faal Tourism, Jalan Raya Puncak Tugu Utara yang telah memberikan tempatnya untuk di pakai posko.

“Sementara ini Posko kita dirikan di tiga (3) titik selain disini, yakni di Kampung Balekambang Pasanggrahan dan di Cisarua. Kita juga lakukan koordinasi ke BPBD, Kemensos, Tagana dan rekan-rekan GMBI, insha Allah akan turun,” paparnya.

Sementara itu menurut Dudi Abdi Negara, selaku Pendamping Lokal Desa Kecamatan Cisarua saat di temui di Posko mengatakan hal serupa terkait warga masyarakat Puncak dan sekitarnya.

“Minimal adanya relokasi atau tempat penampungan agar para warga terkoordinir kemudian diperhatikan pelayanan sosial dasarnya terutama kebutuhan untuk malam ini, agar tidak terkena penyakit,” ungkapnya.

Lanjut Dudi, Bahkan jika dimungkinkan itu didirikan juga dapur umum, untuk suplay makanan bagi warga yang terkena dampak.

“Karena ini musim penghujan, keperluan untuk istirahat atau tidur agar mereka tidak terkena penyakit, MCK, dan ketersediaan obat-obatan. Pihak kami pun terus memantau dan mendata warga yang terdampak banjir dan longsor yang terjadi diwilayah Puncak sejak tadi pagi.” pungkasnya.

Laporan : Taufik Hidayat

Related posts

Dilakukan Penilaian, RW 11 Desa Wanaherang Sebagai Perwakilan Kabupaten Bogor Lomba Siskamling

Pasar Kalianda di H-5 Hari Raya Idhul Fitri 2023, Pengunjung meningkat 75%

Jaga Ekosistim, Kodim Lampung Timur Tanam 1000 Pohon Mangrove