Presentasi Desa Banding di Hadapan Tim Penilai Lomba Desa

LAMSEL, INFODESAKU – Tujuan dari Lomba desa adalah untuk mengevaluasi dan menilai perkembangan pembangunan yang berada di desa. Salah satu desa yang mengikuti lomba pada tahun 2018 adalah Desa Banding, Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan.

Melalui lomba ini, Pemerintah Kabupaten Lamsel akan mengetahui perkembangan pembangunan yang dilakukan masing-masing desa dan kelurahan, terutama terhadap usaha pemerintah desa dan kelurahan dalam memajukan dan memberdayakan warganya sejauh mana dukungan untuk kegiatan Pendidikan Anak Usia Dini dan Posyandu.

Adapun Indikator penilaiannya meliputi pendidikan, kesehatan masyarakat, ekonomi masyarakat, keamanan dan ketertiban, partisipasi masyarakat, pemerintahan, lembaga kemasyarakatan dan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga serta penilaian di lakukan oleh tim penilai dari kabupaten pada Rabu, (07/02 ) di balai desa Banding.

Presentasi dipaparkan oleh Juherudin selaku Kades selama kurang lebih 45 menit, didepan Ia memaparkan seluruhnya mulai dari profil desa serta menjelaskan bidang pendidikan hingga bidang pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga yang nantinya sebagai bahan penilaian oleh tim penilai dari Kabupaten.

“Lomba desa tingkat kabupaten ini merupakan program berkelanjutan guna pemenuhan dokumen dan menjadikan sytem pemerintahan yang baik, desa kami berusaha  melakukan perubahan-perubahan yang bermanfaat bagi desa kami, ” paparnya.

Sebagai penutup, Juherudin mengungkapkan harapannya kepada semua pihak untuk membantu dan membimbingnya agar desa yang di pimpin nya bisa lebih maju lagi.

“Akhir kata kami mohon bantuan dan bimbingan dari semua pihak semoga desa kami dapat lebih baik dan lebih maju sesuai dengan misi kami perubahan untuk memajukan desa banding di segala bidang, ” pungkasnya.

Selanjutnya, Mandala Putra selaku Camat dalam sambutannya menjelaskan, mengapa Desa Banding yang mewakili Kecamatan Rajabasa serta menjelaskan keungulan desa yang dipilih untuk mengikuti lomba desa tingkat kabupaten.

“Dari 16 desa yang berada di kecamatan ini Desa Banding yang paling baik dari desa lain yang baik, serta harapan saya dengan lomba desa ini, dapat memotivasi desa lain agar lebih maju lagi dan Desa Banding memiliki keunggulan-keunggulan yaitu 80 persen masih mengunggulkan pertanian dan perkebunan dan juga ke unggulan lain nya ialah dari pariwisata,” jelasnya.

Tim Penilai yang terdiri dari beberapa unsur dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten, dilanjutkan dengan penilaian sesuai Indikator yang ada, pemenang lomba  akan mewakili Kabupaten untuk mengikuti lomba desa tingkat Provinsi.

Laporan : Safarudin

Related posts

Arak Dongdang Hiasi Hajat Bumi di Desa Bendungan

Dinas PMD Lamsel Adakan Pembinaan Desa – Desa Wisata

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional