Kades Padan Tegaskan Kepada Aparaturnya Beras Rastra Gratis Untuk Warga

LAMSEL, INFODESAKU – Sesuai hasil dari musyawarah Keluarga Penerima Manpaat (KPM) di setiap Dusun yang berada di Desa Padan, Kecamatan Penengahan, Kebupaten Lampung Selatan. Pemerintah desa (Pemdes) menyalurkan program Bantuan Sosial (Bansos) yaitu Rastra sebanyak 258 kilogram yang akan di salurkan kepada warganya secara gratis dan dibagi rata dengan warga yang bukan KPM.

Nurdin selaku Kades saat di jumpai Infodesaku di ruang kerjanya mengungkapkan bahwa, sebelumnya Ia telah memerintahkan secara tegas kepada seluruh aparaturnya dari tingkat Sekdes sampai ketua Rt agar tidak memungut biaya (Gratis) dari Rastra. Nurdin menegaskan agar seluruh KPM perdusun untuk di musyawarakan serta dimintai pendapatnya dan BPD agar di undang untuk menyaksikan dan mendengar hasil dari musyawarah tersebut. Ia beranggapan bila KPM tidak di musyawarakan maka dikhawatirkan ada hal yang tidak di inginkan pasalnya di tahun sebelumnya program Bansos tersebut di bagi rata. Jumat, (08/02).

“Saya tidak mau ada keributan nantinya, makanya saya meminta kepada setiap Kades untuk musyawarah bersama KPM dan dimintai pendapatnya dan di saksikan oleh BPD, karena di tahun kemarin beras Rastra di bagi rata walaupun ada penebusan, bila sudah ada pendapat dan keputusanya seperti apa dari KPM, kita serahkan kepadanya,” ungkapnya.

Masih dalam ungkapannya Nurdin menambahkan, hasil dari musyawarah bersama KPM di setiap Dusun sudah menemui titik terang bahwa Rastra tersebut di bagi rata. Maka Pemdes segera menyalurkannya kepada warga serta dari hasil tersebut KPM sepakat memustuskan untuk memberi dengan ikhlas tanpa adanya perintah dari Pemdes ataupun dari Rt sebagai jasa mengambil beras dari Kantor Desa sampai ke kediaman Rt lalu di bagikan oleh Rt kepada warga yang nantinya akan di informaskian oleh KPM kepada warga lain yang tidak hadir di musyawarah tersebut, dengan alasan rumah KPM jarak tempuhnya yang di lalui jauh.

“Hasilnya dari musyawarah dengan KPM, beras Rastra di bagi rata dengan warga lain sebanyak 3,5 kilogram perKK, buat saya sungguh luar biasa hatinya dari para KPM sehingga mereka mau membagi beras itu secara rata selama 6 bulan sampai KKS itu di bagikan kepada KPM, dan untuk selanjutnya kami sudah pegang data KPM yang baru, nantinya kami akan serahkan kepada Dinsos karena data yang di pakai saat ini data lama,” tambahnya.

Hasil pantauan infodesaku di lapangan, tampak ketua Rt 3 Dusun 3 sedang memberikan beras Rastra kepada warganya, warga penerima KPM dan yang tidak menerima KPM di bagi secara rata tanpa di pungut biaya.

Hend selaku ketua Rt 3 saat di wawancara infodesaku di kediamannya, ia mengungkap pembagian Rastra kepada warganya tidak di pungut biaya karena sudah di intruksikan langsung dari Kades, jadi ia tidak ingin ambil resiko untuk memungutnya. Lalu ia pun menjelaskan ada beberapa warga yang di berikan Rastra dengan sukarela mereka memberikan uang sebesar Rp. 2000 dari warga tersebut untuk biaya lelah dan transportasi.

“Pembagian beras ini gratis mas, saya di perintahkan langsung oleh pak Kades, ada sih warga yang memberikan uang tapi saya tolak, bukan karena uang Rp. 2000, tapi karena saya tidak mau ambil resiko hanya karena uang segitu saya masuk penjara, namun karena warga itu memaksa dan ia mengatakan ikhlas yah gimana lagi mas, ” ungkapnya.

Hal tersebut di benarkan oleh Lami salah satu warga Rt 3/3, Ia menjelaskan bahwa pemberian tersebut bukan atas permintaan dari Pemdes ataupun ketua Rt akan tetapi dari ke ikhlasan hatinya yang ia anggap beras tersebut di ambil dari Kantor Desa lalu di bawa ke rumahnya dengan jarak tempuhnya lumayan jauh dan mebutuhkan tenaga .

“Benar mas saya yang memberi uang tersebut, dan saya memberikannya ikhlas ko mas. Lagi pula bukan perkilo kok saya ngasihnya mas inikan gratis, dari pada saya ambil sendiri ke kantor sebanyak 3,5 kg, lebih baik saya ambil di rumahnya pak Rt dah gitukan pak Rt juga cape bolak balik bawain beras, belum lagi dia mengatur pembagiannya jadi wajar saja saya memberi dia,” jelasnya.

Laporan :Safarudin

Related posts

Dilakukan Penilaian, RW 11 Desa Wanaherang Sebagai Perwakilan Kabupaten Bogor Lomba Siskamling

Pasar Kalianda di H-5 Hari Raya Idhul Fitri 2023, Pengunjung meningkat 75%

Jaga Ekosistim, Kodim Lampung Timur Tanam 1000 Pohon Mangrove