Panwaslu Ciampea Minta Peran Partisipasi Masyarakat Kawal Proses Pilkada

BOGOR, INFODESAKU – Guna meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengikuti pesta Demokrasi yang akan berlangsung 27 juni 2018, Panwaslu (Panitia Pengawas Pemilihan Umum) Kecamatan Ciampea menggelar Sosialisasi Partisipatif Kepada Masyarakat di Aula kantor Kecamatan, Selasa (06/03/2018).

Dibuka langsung Ketua Panwaslu Kecamatan Ciampea, Acara tersebut dihadiri Camat, Kapolsek, Ketua MUI, Komisioner Panwaslu Kabupaten Bogor, kepala Desa, unsur pelajar, serta tokoh masyarakat.

Ketua Panwascam Ciampea Iwan Setiawan menjelaskan, dengan adanya kegiatan ini diharapkan proses demokrasi di kecamatan ciampea berjalan baik sesuai regulasi, sehingga kualitas pemilu di kecamatan ciampea ini berkualitas.

“Bukan hanya secara formal bahwa pengawasan itu bawaslu beserta jajaran ke tingkat desa, tetapi diharapkan peran serta partisipasi masyarakat untuk mengawal proses pilkada ini berintregritas,” ungkapnya.

Lanjut ia, dengan adanya sosialisasi ini diharapkan bahwa peserta pemilu penyelenggara pemilu dan masyarakat terutama unsur ASN, TNI dan POLRI menjaga netralitas dalam pelaksanaan Pilkada di Jawa Barat Tahun 2018.

“Kepada temen-teman media, kami juga ucapkan terima kasih. Karena, tanpa bantuan dan partisipasi rekan-rekan media, pengawaaan kami bisa lebih opitimal,” singkatnya.

Sementara itu, Camat Ciampea H. Entis Sutisna S.Pd MM menghimbau agar kepala desa jangan terlibat langsung dalam kampanye salah satu paslon.

“Sosialisasikan semua calon kepada masyarakat agar masyarakat dapat mengetahui siapa-siapa saja calon bupati dan wakil bupati bogor, serta Gubernur jabar dan wakil gubernur jabar,” ujarnya.

Lanjut ia, diharapkan setelah mengikuti kegiatan ini, para undangan yang hadir bisa langsung berperan menyampaikan kembali kepada masyarakat.

“Mendorong masyarakatnya agar datang ke TPS, agar partisipasi masyarakat bisa meningkat sebagai salah satu cara demokrasi di Indonesia semakin meningkat,” pungkasnya.

Ditempat yang sama, Kapolsek Ciampea AKP Adi menambahkan, sebagai aparat keamanan pihaknya meminta kepada masyarakat untuk menjaga keamanan dan ketertiban.

“Kira- kira ada kejanggalan atau kecurangan bisa disampaikan langsung ke panwaslu. Jangan sampai permasalahan semakin besar, jadi jika ada laporan segera bisa kita tindak lanjuti, jangan sampai ada kerusuhan,” singkatnya.

Laporan : KN/IES

Related posts

Dilakukan Penilaian, RW 11 Desa Wanaherang Sebagai Perwakilan Kabupaten Bogor Lomba Siskamling

Pasar Kalianda di H-5 Hari Raya Idhul Fitri 2023, Pengunjung meningkat 75%

Jaga Ekosistim, Kodim Lampung Timur Tanam 1000 Pohon Mangrove

1 comentar

Fidya 03/11/2019 - 12:36

Pemilihan kepala desa tahun ini udah gk terorginir dgn baik.
Banyak oknum dan gk per..

Add Comment