Pemerataan Pembangunan Infrastruktur Kabupaten dan Perdesaan Menuju Kemandirian Daerah

LAMSEL, INFODESAKU – Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2019, di Aula Rajabasa. Selasa, (13/3).

Acara diikuti seluruh Organsisasi Perangkat Daerah (OPD) dan instansi terkait di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan, serta dihadiri oleh Pjs. Gubernur Lampung yang diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Theresia Sormin hingga mantan wakil Bupati Lampung Selatan Muchtar Husin juga anggota DPRD Provinsi Lampung Fraksi PKS Antoni Imam, Anggota Fokorpimda Lampung Selatan, Wakil Ketua beserta sejumlah Anggota DPRD Kabupaten Lampung Selatan.

Tema dalam acara tersebut adalah Pemerataan Pembangunan Infrastruktur Kabupaten dan perdesaan Menuju Kemandirian Daerah, Musrenbang tersebut dibuka secara langsung oleh Bupati Lampung Selatan, DR. H. Zainudin Hasan, M.Hum.

Dalam sambutannya Zainudin Hasan menyampaikan harapannya kepada peserta musrenbang agar selalu bersinergi di mulai dari Pemerintah Provinsi sampai ke tingkat bawah yaitu Pemeritahan Desa.

“Titik tekan kita pada Musrenbang Kabupaten kali ini, yaitu perlu adanya sinergi yang baik mulai dari tingkat Desa, Kecamatan, Kabupaten hingga Provinsi,” terangnya.

Masih menurut Zainudin, Ia menyampaikan rekapitulasi usulan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan melalui dana APBD Provinsi Lampung 2019, Dengan rincian bidang infrastruktur sebesar Rp. 340 Milyar, bidang ekonomi Rp.116,2 Milyar, dan bidang sosial pemerintah Rp.109,8 milyar, sehingga total Rp. 566 milyar lebih.

“Kabupaten Lampung Selatan ini mendapatkan anggaran dari Pemerintah Provinsi lebih kurang 80 Milyar. Jadi jika jumlah ini yang kita usulkan, kalau tidak mampu semua diberikan, mudah-mudahan 70 persen saja sudah alhamdulillah. Maka akan terjadi percepatan pembangunan di Kabupaten Lampung Selatan ini,” paparnya.

Terkait hal tersebut, dirinya meminta kepada Anggota DPRD Lampung Selatan untuk mengawal usulan Musrenbang agar mendapatkan alokasi.

“Mohon kiranya ini dikawal oleh wakil rakyat dari Kabupaten Lampung Selatan, tolong diperhatikan dan diperjuanghan betul-betul, Besar harapan saya ini menjadi perhatian Pemerintah Provinsi Lampung,” Pintanya.

Sementara, Wahidin Amin, Kepala Bappeda menjelaskan bahwa Musrenbang yang akan berlangsung selama 2 hari merupakan kelanjutan kegiatan dari rangkaian Musrenbang tingkat Desa, Kelurahan dan Kecamatan yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu dan melibatkan seluruh komponen masyarakat dengan tujuan adanya kesinambungan dalam mewujudkan program.

“Musrenbang ini bertujuan untuk membahas dan menyepakati usulan kerja Pemerintah Daerah tahun 2019, sesuai dengan skala prioritas pembangunan dan anggaran yang tersedia. Baik yang bersumber dari APBD Kabupaten, APBD Provinsi dan APBN.” pungkasnya.

Laporan : STR/SAFARUDIN

Related posts

Petani Alpukat Sipit Kelawi, Asal Dusun Kayu Tabu Setiap Memanen Hasilnya Sangat Menjanjikan

Bangga, Desa Sukamaju Kecamatan Cibungbulang Lolos 5 Besar Lomba Desa Tingkat Provinsi Jabar Tahun 2023

Arak Dongdang Hiasi Hajat Bumi di Desa Bendungan