Pemdes Pondokkaso Tengah Gelar musyawarah Tentang Pamsimas

SUKABUMI, INFODESAKU – Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) adalah salah satu program yang dilaksanakan oleh Pemerintah Indonesia dengan dukungan Bank Dunia, program ini dilaksanakan di wilayah perdesaan dan pinggiran kota.

Pemerintah Desa Pondokkaso tengah, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, menggelar musyawarah persiapan pamsimas di wilayah Desa Pondokkaso Tengah. Yang nantinya akan diperuntukan untuk wilayah kadus 4 dengan membawahi 9 RT, di kantor aula Desa Pondokkaso Tengah. Selasa (13/03/2018).

Kepala Desa Pondokkaso Tengah, Agun Gunawan kepada sejumlah awak media menyampaikan, bahwa dirinya mengundang Kadus 4 untuk membahas tentang pamsimas untuk persiapan program Pamsimas yang berada di kampung Kerenceng karena masyrakat  di daerah kerenceng sangat sulit untuk sarana air bersih.

“Selama ini, masyarakat kerenceng mengadalkan air bersih itu menggunakan sungai, itupun bilamana saat musin hujan turun, masyarakat baru bisa memanfaatkan sumber air tersebut,” terangnya.

Lebih lanjut, Agun menambahkan, dari keluhan masyrakat terkait kebutuhan penyediaan sarana air bersih tersebut, sehingga banyak masyarakat kerenceng yang mau memasang PDAM dengan biaya per pasang Rp.600.000 dan per kubik Rp60.000.

“Saya selaku pemerintah desa, harus mencarikan solusi untuk permasalah penyediaan air bersih bagi masyarakat saya,dan alhamdulillah saya mendapatkan titik terang. Karena di daerah kami ada sumber mata air di daerah Krenceng yang sangat begitu berlimpah, sehingga saya mengajukan proposal ke Kabupaten Sukabumi,” ujarnya.

“Alhamdulillah Kami mendapatkan program Pamsimas untuk kebutuhan masyarakat, sehingga program yang kami inginkan terwujud. Lalu, kami mengadakan rapat dengan kadus wilayah 4 untuk pembahasan pelaksanaan pemasangan pipanisasi, serta teknis di lapangan. Alhamdulillah masyarakat sangat merespon dengan baik, sehingga program Pamsimas dapat dilaksanakan dan masyarakat mensepakati untuk biaya pemeliharaan perbulannya.” Pungkasnya menambahkan.

Laporan : RIAN

Related posts

Dinas Perikanan Berkolaborasi Program SCG Asik Dan Imah

Petani Alpukat Sipit Kelawi, Asal Dusun Kayu Tabu Setiap Memanen Hasilnya Sangat Menjanjikan

Bangga, Desa Sukamaju Kecamatan Cibungbulang Lolos 5 Besar Lomba Desa Tingkat Provinsi Jabar Tahun 2023