Desa Cihaurkuning Realisasikan keinginan warga Dana Desa Untuk Bangun Jalan

GARUT, INFODESAKU – Kepala Desa Cihaurkuning, Kecamatan Malangbong, Syarief Rahmat  merealisasikan Dana Desa sesuai harapan masyarakat Kampung Pasir Langir yang sudah mendambakan sejak lama karena jalan menuju ke kampung tersebut belum tersentuh, sudah beberapa periode penggantian kepala desa, jalan menuju kampung tersebut tak kunjung di bangun.

Kucuran dana desa 20 persen untuk tahap pertama sebesar RP.179.664.400 ,-, memang sudah dialokasikan untuk 2 titik yaitu jalan Kampung Pasirlangir dengan volume 390 M tinggi 10 cm lebar 2,5 M dengan waktu pelaksanaan 10 hari kerja dan TPT di Kampung Ciherang dengan Volume panjang 30 M tinggi 2,5 M yang memang sudah ada dalam perencanaan di tahun ini (2018) waktu pelaksanaan 10 hari kerja.

“Pengerjaan pembangunan fisik yang didanai Dana Desa (DD) yang di terapkan  pada dua titik, antara lain pengerjaan jalan Kampung Pasir Langir dan kedua di Kampung Ciherang di beberapa titik telah dikerjakan sesuai Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang ada. Yang pengerjaanya terpokus pada dua titik yaitu di Kampung Pasirlangir dan Kampung Ciherang,” jelas Syarief Rahmat saat ditemui diruang kerjanya. Selasa, (14/3).

Lanjutnya, Syarief Rahmat menghimbau, agar dijaga dengan baik dan jaga kebersihannya maupun kendaraan yang masuk terutama kendaraan berat seperti truck double yang mana tonasenya jangan mobil yang masuk kejalan tersebut jangan sampai terlalu berat, sehingga jalan akan cepet rusak dan juga agar dibuat drainage supaya jalannya air akan lancar.

“Pembangunan diberbagai sektor akan dilaksanakan ditiap sudut desa yang mana untuk selanjutna ditahap ke 2 atau termin ke dua di Kampung Cimande-Suragobang dan Cirumampa juga kirmir jalan desa, itu akan dilaksanakan secara berkala dengan merunut pada skala prioritas yang sudah di tetapkan di musrenbangdes,” paparnya.

Lanjutnya lagi, Syarief menambahkan, Adapun pengerjaan pembangunan yang menggunakan Dana Desa yang melibatkan semua elemen masyarakat yang ada di desa kami, serta transparansi dalam penggunaan anggaran, Ini semua untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Pembangunan yang telah direalisasikan memiliki peranan penting untuk mempercepat peningkatan sumber perekonomian maupun untuk memperlancar mobilisasi warga untuk melakukan aktifitas, karena itu pembangunan sarana transportasi adalah target utama kami dalam menggunakan dana desa,” ujar Kepala Desa Cihaurkuning.

Ditempat terpisah, Fery Risnawan selaku kadus 2 juga sebagai anggota Tim Pengelola Kegiatan (TPK) menuturkan, dirinya bersyukur atas pembangunan jalan yang menuju kampunya dapat segera terlaksana.

“Allhamdulilah pembangunan jalan menuju Kampung Pasirlangir di Desa Cihaurkuning dapat dilaksanakan sesuai usulan masyarakat yang diajukan dalam musyawarah desa dan direalisasikan oleh Kepala Desa yang diaminin oleh ketua TPK syarief Hidayat,” unggkapnya penuh syukur.

Hal senada disampaikan Dede Koswara atau akrab di panggil tuyul bersama Asep selaku tokoh pemuda Kampung Pasirlangir, akan pakaulan bersama warga kampung pasir langir nanti rajaban akan menyembelih domba untuk menunjukan rasa sukur.

“Untuk menunjukan rasa syukur kami, insaalloh kami warga Pasir langit akan melakukan pakaulan pas bulan Rajab dengan menyembelih domba.” Pungkasnya senang.

Laporan : RIYADI

Related posts

Dinas Perikanan Berkolaborasi Program SCG Asik Dan Imah

Petani Alpukat Sipit Kelawi, Asal Dusun Kayu Tabu Setiap Memanen Hasilnya Sangat Menjanjikan

Bangga, Desa Sukamaju Kecamatan Cibungbulang Lolos 5 Besar Lomba Desa Tingkat Provinsi Jabar Tahun 2023