Bapeda Kabupaten Sukabumi Gelar Musrembang RKPD 2019

SUKABUMI, INFODESAKU – Sesuai dengan Undang-Undang No. 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 Tentang Tahapan, Tata Cara Penyusunan, Pengendalian, dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah. Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sukabumi menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Penyusunan RKPD Kabupaten Sukabumi Tahun 2019.

Kegiatan yang mengusung tema “Pembangunan Sumber Daya Manusia Yang Berdaya Saing menuju Kabupaten Sukabumi yang Lebih Baik” ini diisi dengan beberapa kegiatan diantaranya, kegiatan pentas seni tari tradisional dari padepokan seni Bidakara Ubrug, juga dilaksananakan penandatanganan berita acara kesepakatan hasil musrenbang RKPD Kabupaten Sukabumi dan talk show bersama dengan menghadirkan narasumber muda yang sukses di bidang Informasi Teknologi.

Pada kegiatan Musrenbang tersebut, di hadiri oleh Ketua DPRD Kab. Sukabumi, Wakil Bupati Sukabumi H. Adjo Sardjono, Sekretaris Daerah Drs.H. Iyos Somantri, M.Si., perwakilan Forkominda, Bappeda Provinsi Jawa Barat, Kepala Perangkat Daerah, unsur legislatif, Perwakilan BKPP wilayah I Bogor, Camat Se-kabupaten Sukabumi, unsur Perguruan Tinggi, Bappeda Kab/Kota wilayah perbatasan, Lembaga Swadaya Masyarakat dan Stakeholders lainnya.

Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami dalam sambutannya menjelaskan, Musyawarah perencanaan pembangunan merupakan tahapan dalam mekanisme penyusunan perencanaan pembangunan daerah yang penyelenggaraannya melibatkan para pelaku pembangunan yaitu pemerintahan, masyarakat, dunia usaha dan seluruh pemangku kepentingan lainnya.

“Dengan melalui momentum Musrenbang ini, semua pihak dituntut untuk mampu membuat perencanaan pembangunan yang sesuai dengan kebutuhan dan kepentingan masyarakat, rasional, tepat sasaran, efisien dan berdampak langsung pada kesejahteraan masyarakat,” terangnya.

Lebih lanjut, Bupati menyampaikan, bahwa situasi, kondisi dan isu strategis yang berkembang di masyarakat Kabupaten Sukabumi saat ini perlu didukung dan ditingkatkan dalam rangka pencapaian Visi Terwujudnya Kabupaten Sukabumi Yang Religius dan Mandiri.

“Dengan di adakannya Musrenbang ini dapat dilakukan sehingga Akselerasi terhadap 4 Misi berikutnya untuk Meningkatkan Kemandirian Ekonomi Masyarakat Berbasis Potensi Ekonomi Lokal melalui Sektor Agrobisnis, Pariwisata dan Industri Berwawasan Lingkungan, Mewujudkan Sumberdaya Manusia Yang Berdaya Saing Tinggi dan Religius, Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan Yang Bersih dan Profesional, serta optimalisasi pelayanan publik khususnya di bidang kesehatan, Pendidikan dan Infrastruktur Daerah,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bapeda Kabupaten Sukabumi, Ir. Hj. Teja Sumirat menyampaikan, tujuan dilaksanakannya Musrenbang ini adalah untuk mengakomodasi peran-peran segenap komponen masyarakat, sebagai media koordinasi, komunikasi dan konsultasi program pembangunan dengan fokus pada realisasi kebutuhan masyarakat secara nyata.

“Tujuannya diadakan Musrenbang ini adalah untuk mengakomodasi peran-peran segenap komponen masyarakat sebagai media koordinasi, komunikasi dan konsultasi program pembangunan kebutuhan masyarakat secara nyata. Sedangkan yang menjadi tujuannya adalah membahas, menilai dan menyepakati prioritas kegiatan pembangunan sesuai dengan Rencana Kerja Satuan Kerja Pemerintah Daerah (Renja SKPD) yang telah dikonplikasi dengan hasil musrenbang tingkat sebelumnya, menghasilkan konsesus, komitmen, kesepakatan dan kemitraan antara pemerintah dengan pelaku pembangunan, mewujudkan kualitas perencanaan perencanaan pembangunan dengan lebih meningkatkan kemampuan mengakomodir aspirasi masyarakat, memberdayakan masyarakat dan memberdayakan sumber daya lokal,” bebernya.

Masih kata H. Marwan, ia berharap, semoga agenda pembangunan di tahun 2019 tidak akan terlepas dari upaya pencapaian Visi dan Misi Kabupaten Sukabumi, sehingga program dan kegiatan pembangunan yang dirancang mampu menjawab persoalan yang saat ini kita hadapi.

“Semoga pembangunan di tahun 2019 tidak akan terlepas dari upaya pencapaian Visi dan Misi Kabupaten Sukabumi, sehingga rangkaian program dan kegiatan pembangunan yang telah di rancang mampu menjawab semua persoalan yang kita hadapi serta sesuai dengan RKPD. Tahun 2019 ini merupakan integrasi antara fokus pembangunan pada RPJMD tahun ketiga, dengan tantangan dan peluang kedepan berkaitan dengan pembangunan di Kabupaten Sukabumi,” Tandasnya.

Laporan : BEN/BA

Related posts

Petani Alpukat Sipit Kelawi, Asal Dusun Kayu Tabu Setiap Memanen Hasilnya Sangat Menjanjikan

Bangga, Desa Sukamaju Kecamatan Cibungbulang Lolos 5 Besar Lomba Desa Tingkat Provinsi Jabar Tahun 2023

Arak Dongdang Hiasi Hajat Bumi di Desa Bendungan