Pemerintah Kecamatan Tamansari Gembleng Aparatur Pemerintahan Desa

BOGOR, INFODESAKU – Guna meningkatkan tata kelola administrasi Desa, Kecamatan Tamansari menggelar kegiatan pembinaan administrasi tingkat desa yang berlangsung di Aula Desa Sukaluyu, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor. Rabu, (21/03).

Tujuan dari kegiatan ini agar Pemerintah Desa dengan lembaga paling bawah yakni RT dan RW benar-benar dapat bersinergi dengan baik. Ketua RT dan RW dalam hal komunikasi dan laporan itu cepat tanggap serta pengaturan penyusunan laporan pun harus benar-benar sesuai.

Menurut Dedi selaku Kasi Pemerintahan Kecamatan Tamansari yang mewakili Camat dalam sambutannya mengatakan, seluruh Ketua RT dan RW yang berada diwilayah masing-masing, sejatinya harus tahu tugas pokok dan fungsinya.

“Peranan yang langsung bersentuhan dengan masyarakat, salah satunya Ketua RT dan RW, yang secara birokrasi ditingkat bawah mewakili Kepala Desa. Seyogyanya harus tahu tugas dan fungsinya masing-masing,” terangnya.

Lanjutnya, menurut Dedi, adapun sasaran pembinaan ini ialah untuk melihat sejauh mana pengisian buku-buku administrasi desa yang ada seperti pengurusan surat-surat.

“Kegiatan tersebut bertujuan agar dalam hal menyikapi berita-berita hoax yang sekarang ini sedang merebak dikalangan masyarakat kita,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Sarip selaku Kepala Desa Sukaluyu mengatakan, dengan diberikannya pembinaan dan tata kelola administrasi ini dilakukan untuk merapihkan yang berkaitan dengan administrasi Desa terutama ditingkat RT maupun RW.

“Pembinaan ini tidak lain agar tata kelola administrasi yang ada disetiap Desa terutama ditingkat RT dan RW bisa berjalan sesuai ketentuan yang berlaku,” tandasnya.

“Saya juga berharap, kegiatan tersebut setidaknya digelar setiap tahun. Minimal setiap 3 bulan sekali dilaksanakan pembinaan dari Kecamatan, untuk menambah ilmu dan tata kelola administrasi yang baik.” pungkasnya.

Laporan : EMIL/TAUFIK

Related posts

Dinas Perikanan Berkolaborasi Program SCG Asik Dan Imah

Petani Alpukat Sipit Kelawi, Asal Dusun Kayu Tabu Setiap Memanen Hasilnya Sangat Menjanjikan

Bangga, Desa Sukamaju Kecamatan Cibungbulang Lolos 5 Besar Lomba Desa Tingkat Provinsi Jabar Tahun 2023