Bupati Sukabumi Dan Kapolres Tandatangani Bersama Deklarasi Anti Hoax

SUKABUMI, INFODESAKU – Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Sukabumi menggelar forum silaturahmi dengan para Kepala Desa dan Perangkat Desa se-Kabupaten Sukabumi yang tergabung dalam Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (APDESI) sekaligus deklarasi berita anti hoax.

Kegiatan tersebut di Hadiri Oleh Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami yang di dampingi Kepala Kepolisian Resort Sukabumi (Kapolres) AKBP. Nasriadi beserta Kepala Perangkat Daerah lainnya. Kegiatan tersebut bertempat di gelanggan olahraga (GOR) Venue Tinju, Palabuhan Ratu. Senin, (26/03/2018).

Tujuan pelaksanakaan dari kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut terkait penyampaian informasi serta harapan para Perangkat Desa dalam menjalankan roda Pemerintahan di wilayah Desa masing-masing yang sebelumnya telah di musyawarahkan antara Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi dengan Kepala Desa dan Perangkat Desa se-Kabupaten Sukabumi yang tergabung dalam Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (APDESI) di Aula Setda Jalan Siliwangi No. 10 Palabuhanratu, Jumat (23/03/2018) lalu.

Dalam sambutannya, Ketua APDESI Kabupaten Sukabumi, H. Andi Mulyasana menyampaikan, bahwa dalam pelaksanaan tugasnya para Kepala Desa dan para Perangkat Daerah harus bekerja secara maksimal dan harus bisa menjaga amanah yang telah di bebankan oleh Negara dengan sebaik-baiknya.

“Bahwa dalam pelaksanaan roda pemerintahan Kepala Desa dan Perangkat Daerah harus bekerja secara maksimal karena tugasny itu suatu amanah yang di percayai oleh rakyat untuk membangun dan mensejahterakan wilayahnya, maka dari itu perlu adanya peningkatan kesejahtraan para Perangkat Desa serta memberikan perlindungan hukum bagi Kepala Desa dan perangkatnya dalam menjalankan tugas selama kegiatan sebagaimana telah di sampaikan,” terangnya.

Menanggapi hal tersebut, Kapolres Sukabumi AKBP, Nasriadi menyampaikan, bahwa keberadaan perangkat desa merupakan hal yang sangat penting dalam pembangunan negara ini maka dari itu unsur Perangkat Daerah harus benar-benar berdiri kokoh tanpa ada gangguan dari pihak manapun.

“Negara ini tidak bisa kokoh dan tidak bisa kuat tanpa ada pondasi didalamnya, pondasi yang sangat mendasar yaitu adalah Masyarakat Desa dan Masyarakat Desa adalah Perangkat Desa, apabila Perangkat Desa lemah maka pondasi itu akan lemah,” tuturnya.

Masih kata Kapolres lebih lanjut, ia menyampaikan, bahwa pihak kepolisisan khususnnya Polres Sukabumi akan siap membantu dan melindungi keamanan Kepala Desa beserta Perangkat Desa dalam menjalankan pekerjaannya.

“Saya pribadi kapolres Sukabumi menyatakan bahwa perangkat Desa harus di kuatkan, Perangkat Desa harus dilindungi dan Perangkat Desa harus diamankan,” tegasnya.

Ditempat yang sama, Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami menyampaikan, terkait harapan para Kepala Desa mengenai peningkatan kesejahtraan Perangkat Desa, Bupati pun berharap semua Perangkat Pemerintahan baik di Kabupaten, Kecamatan, Desa dan masyarakat bisa lebih Sejahtera lagi.

“Semua ada aturan yang harus kita ikuti dan tentunya harus dipertanggung jawabkan, sebagai regulator dalam posisi kebijakan tentunya melihat rambu-rambu ini,” terangnya

Lebih lanjut, Ia menambahkan, Ia akan terus berupaya secara maksimal dan bahkan rencananya akan diajukan kepada Pemerintah Pusat. Dirinya pun berharap jika kebijakan Pemerintah mengenai kesejahteraan Perangkat Desa telah terealisasi maka Perangkat Desa harus bisa meningkatkan kinerja dan pelayanan untuk masyarakat.

“Ketika kebijakan Pemerintah berbagi kebahagiaan dengan Perangkat Desa terealisasi, Perangkat Desa pun harus bisa berbagi kebahagiaan dengan rakyat yang ada di Desa itu dengan pelayanan yang baik, saudara-saudara ada di Desa untuk melayani kebutuhan masyarakat secara administrasi maupun kebutuhan lainnya sesuai kewenangan masing-masing.” pungkasnya.

Di akhir sambutannya Bupati mengajak seluruh peserta yang hadir untuk terlibat dan membantu mensosialisasikan penyelengaraan kegiatan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke- XXXV (35) tingkat Provinsi Jawa Barat pada tahun 2018 yang rencananya akan digelar di Kota Palabuhan Ratu.

Laporan : BA

Related posts

Dinas Perikanan Berkolaborasi Program SCG Asik Dan Imah

Petani Alpukat Sipit Kelawi, Asal Dusun Kayu Tabu Setiap Memanen Hasilnya Sangat Menjanjikan

Bangga, Desa Sukamaju Kecamatan Cibungbulang Lolos 5 Besar Lomba Desa Tingkat Provinsi Jabar Tahun 2023