Kabupaten Sukabumi Miliki Potensi Perikanan dan Pariwisata yang Besar

SUKABUMI, INFODESAKU – Kabupaten Sukabumi adalah satu Kabupaten yang penuh dengan potensi akan hasil kekayaan alamnya. Seperti yang diketahui, bahwa Kabupaten Sukabumi ini memiliki hasil kekayaan laut yang begitu besar sehingga sebagian besar mata pencaharian masyarakat adalah nelayan.

Bertempat di Aula gedung PKK Pelabuhan Ratu, Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami menghadiri acara Sosialisasi Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) Tingkat Nasional. Selasa, (27/03/2018).

Dalam sambutan, Ketua TP PKK PUSAT, Dr. Erni Guntarti Thahjo Kumolo yang di bacakan oleh Ir. Hj. Hanifah Husen selaku ketua bidang III TP PKK PUSAT menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan sebagai forum untuk menyatukan langkah dalam membentuk dan mewujudkan generasi yang sehat dan cerdas.

“Kegiatan ini adalah salah satu forum untuk membentuk dan mewujudkan generasi yang sehat dan cerdas, dengan melalui pengoptimalan pemanfaatan Sumber Daya Laut seperti ikan sebagai asupan nutrisi untuk menunjang pertumbuhan dan perkembanganan generasi bangsa,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Ia menambahkan, bahwa dengan besarnya potensi sumber daya hayati laut yang menjadi salah satu modal untuk pembangunan untuk meningkatkan kualitas perekonomian masyarakat.

“Hal ini dapat terwujud apabila upaya peningkatan kesejahteraan keluarga dan kesejahteraan masyarakat Desa dilaksanakan dengan baik dan dapat dilakukan melalui gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK),” terangnya.

Sementara itu, Ketua TK PKK kabupaten Sukabumi, Hj. Yani Marwan Menerangkan, bahwa ikan merupakan salah satu sumber protein hewani merupakan jawaban yang tepat dalam penyediaan gizi yang sehat, halal dan baik (Halalan Thayyiban) terhadap keluarga.

“Saya sangat berharap melalui sosialisasi gerakan makan ikan (GEMARIKAN), akan tumbuh kesadaran gizi individu maupun kolektif masyarakat untuk gemar menkomsumsi ikan yang aman, sehat dan halal,” ujarnya.

Masih di tempat yang sama, Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami menyampaikan, bahwa Kabupaten Sukabumi memiliki potensi perikanan dan pariwisata yang sangat besar untuk terus dikembangkan.

“Kabupaten Sukabumi memiliki potensi baik di sektor perikanan maupun pariwisatanya yang sangat besar untuk terus di kembangkan, dengan memiliki panjang pantai 117 Km mulai dari Cibareno (berbatasan dengan Kabupaten Lebak Provinsi Banten) sampai dengan Cibuni berbatasan dengan Kabupaten Cianjur, dengan 9 Kecamatan pesisir dan 7 titik pangkalan pendaratan ikan yang tersebar,” tuturnya.

Lebih lanjut, Ia menjelaskan, selain dari perairan laut, terdapat juga potensi dari perikanan tangkap perairan umum daratan terutama dari jenis ikan sidat yang dikembangkan di daerah Palabuhanratu.

“Tak hanya dari perairan laut saja yang ada potensi, ada juga dari perikanan tangkap seperti jenis ikan sidat yang sampai saat ini terus di kembangkan, dan perikanan tangkap perairan umum daratan seperti ikan mas nila dan lain-lain banyak dikembangkan di daerah Cibaraja Kecamatan Cisaat, dalam sehari jutaan ekor bibit ikan air tawar khusus emas dan nila dibawa ke luar daerah untuk dibudidayakan lebih lanjut oleh petani,” bebernya.

Masih kata Bupati, ia menambahkan, bahwa di Kabupaten Sukabumi juga terdapat kawasan konservasi, pariwisata, dan Edukasi Geopark Ciletuh yang berada di Kecamatan Ciemas, dan daerah konservasi penyu yang berada di Desa Pangumbahan Kecamatan Ciracap.

“Dengan Potensi yang cukup besar tersebut, maka Kabupaten Sukabumi Khususnya untuk bagian Kawasan Geopark Nasional Ciletuh-Palabuhanratu kini tengah menjadi Sorotan Dunia Internasional, yang saat ini sedang berupaya untuk mendapatkan pengakuan Internasional dengan masuk kedalam jaringan Unesco Global Geopark (UGG).” pungkasnya.

Laporan : BEN/HS

Related posts

Arak Dongdang Hiasi Hajat Bumi di Desa Bendungan

Dilakukan Penilaian, RW 11 Desa Wanaherang Sebagai Perwakilan Kabupaten Bogor Lomba Siskamling

Dinas PMD Lamsel Adakan Pembinaan Desa – Desa Wisata