Dillah Kholik : Optimalkan Peran RAPI – SSBH dalam Penanggulangan Bencana Alam

BOGOR, INFODESAKU – “Yang namanya kita punya anak baru umur satu tahun kalau diulang tahunkan terus disuruh tiup lilin itu belum tentu ngerti. Tetapi saya perhatikan Siskomdes Gadog ini luar biasa, kiprahnya tidak hanya wilayah Megamendung saja tetapi sudah pernah melanglang buana hingga ke wilayah Garut, Jawa Barat ketika memberikan bantuan kepada korban gempa Garut beberapa waktu lalu,” penggalan kalimat yang disampaikan Dillah Kholik selaku Ketua RAPI – SSBH Megamendung dan Cisarua, saat menghadiri Milad Siskomdes Gadog, di Villa Rumah Gadog. Sabtu, (31/3).

Masih menurut Dillah, Sistem Komunikasi Desa (Siskomdes) yang terbentuk di Kecamatan Megamendung ini sudah 11 Desa tinggal 1 lagi yang belum terbentuk. Dan selama kurun waktu dua tahun ini salah satunya Siskomdes Cipayung Datar dibawah pimpinan Kepala Desa nya yang pertama kali merespon dan dapat terus bersinergi dengan kita.

“Siskomdes Gadog, meski baru seumur jagung tetapi dalam perjalanan pergerakannya bisa kita rasakan manfaatnya untuk warga masyarakat sekitar terutama ketika bencana itu terjadi,” terangnya.

Lebih lanjut, Ia menerangkan, bahwa kegiatan Siskomdes ini memiliki satu wadah dalam bidang komunikasinya yaitu RAPI, sementara di bidang sosial kebencanaannya itu SSBH.

“Pada saat itu kita selalu bekerjasama dan bersinergi dengan BPBD Kabupaten Bogor melalui Pak Budi (BPBD) yang sudah ikut serta membantu membesarkan. Kemudian ditengah perjalanannya ingin adanya keterlibatan dari pihak kepolisian sehingga ditambahkannya Harkamtibmas, disini Satuan Siaga Bencana Harkamtibmas (SSBH) bukan sebagai penindak, akan tetapi sebagai antisipasi, artinya kita juga sebagai mitra dari kepolisian secara tidak langsung,” paparnya.

Masih kata Dillah, Ia mengajak kepada seluruh anggota Siskomdes yang ada diwilayah Megamendung dan Cisarua setelah acara di TWM diklat tentang penanggulangan bencana.

“Minimal tiap desa itu mengirimkan 5 (lima) orang personel untuk mengikuti pelatihan, pengkaderan, pemantapan kapasitas daripada Siskomdes yang ada di dua wilayah Kecamatan tersebut. Sehingga kita berusaha mengoptimalkan dalam membantu penanggulangan bencana sedini mungkin.” pungkasnya.

Sekadar diketahui, Dillah Kholik yang diangkat menjadi Ketua RAPI sejak tahun 2012 hingga sekarang sudah dua periode. Dalam kiprahnya bersama rekan-rekan anggota RAPI dan SSBH di Kecamatan Megamendung – Cisarua pernah mendapatkan penghargaan dari Kapolres Bogor bidang Harkamtibmas pada tahun 2015, penghargaan juga didapat dari BPBD dan BASARNAS Provinsi Jawa Barat. Dan beberapa waktu lalu bersama timsar pernah ikut membantu pencarian hingga diketemukannya Owner Taman Wisata Matahari (TWM) mendiang Hari Darmawan.

Laporan : TAUFIK HIDAYAT

Related posts

Dilakukan Penilaian, RW 11 Desa Wanaherang Sebagai Perwakilan Kabupaten Bogor Lomba Siskamling

Dinas PMD Lamsel Adakan Pembinaan Desa – Desa Wisata

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional