Sedekah Bumi Ala Petani Desa Sukaraja Rajabasa

LAMSEL, INFODESAKU – Sebagai wujud syukur dari hasil panennya, para petani Desa Sukaraja, Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan mengadakan syukuran atau sedekah bumi yang di selenggarakan di Dusun Pangkul. Sabtu, (7/4).

Turut hadir dalam acara tersebut Camat Kecamatan Rajabasa,Kepala Desa Sukaraja beserta aparaturnya, Babinsa,Sahroni,ME anggota dewan DPRD Lamsel,Sutrisno, Kepala Unit Petunjuk Teknis Daerah,Jumroni, Koordinator Fungsional Penyuluh Pertanian (P3), Rohaedi Kepala Desa Way Muli Induk dan Gapoktan serta para Tokoh Masyarakat Desa Sukaraja.

Sarbini selaku Kepala Desa Sukaraja dalam sambutanya mengatakan, tujuan dari Sedekah Bumi ini dalam rangka menjaga kekompakkan dan memper erat silaturahmi para petani serta sebagai wujud syukur kepada Sang Pencipta.

“Kunci dari Keberhasilan petani ialah menjaga kekompakkan dan memperat silahturahmi, Sedekah Bumi ini adalah bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT,” tuturnya.

Lanjutnya, dirinya berharap, dengan sedekah bumi tidak hanya di tahun ini saja akan tetapi di laksanakan di tahun berikutnya.

“Harapan saya sedekah bumi ini harus terus di programkan berkelanjutan di tahun berikutnya,Dan mudah-mudahan panen di tahun berikutnya lebih baik lagi,” harapnya.

Sementara itu, Mandala Saputra selaku Camat Rajabasa mengungkapkan, rasa syukurnya dan menerangkan bahwa Bupati Lampung Selatan peduli kepada petani.

“Alhamdulillah tahun ini petani di Desa ini panen tiga kali, Agar di ketahui oleh semuanya pak Bupati kita Zainudin Hasan sangat peduli dan perhatian kepada para petani. Bahkan menyiapkan metode bagaimana para petani bisa mempertahankan dan meningkatkan hasil pertanian,” paparnya.

Ditempat yang sama, Jumroni selaku Koordinator P3 Kecamatan Rajabasa mengatakan, para petani yang sedang syukuran di haruskan bersikap adil.

“Kita bersyukur atas hasil panen yang baik ini, Tentu harus bersikap adil juga kepada bumi ini. Karena saat menanam benih setidaknya hasil yang kita ambil diberikan juga  kepada tanahnya, contoh kita beri pupuk kandang atau pupuk organik agar tanah kita ini tetap subur,” tandasnya.

Saat disinggung terkait Gapoktan di wilayahnya Sarbini, Kepala Desa Sukaraja menuturkan bahwa luas sawah dan jumlah Kelompok Tani di desanya digarap oleh 4 Gapoktan.

“Sedekah bumi ini baru pertama kalinya di Desa ini dan luas lahan pertanian sekitar 41 hektar yang di garap oleh 4 kelompok tani. Untuk petani kita ini ada juga warga dari Desa Way Muli Induk letaknya bertetangga dengan desa kita,” ujarnya.

Hal senada dikatakan Saleh Sarkiman, Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan), untuk penggarap pertanian bukan saja dari desa tersebut melainkan ada yang dari desa tetangga.

“Para penggarap yang berasal dari desa tetangga yang kebetulan berdekatan, Karena kita kompak dan bersatu akhirnya kita buatlah acara sedekah bumi ini.” pungkasnya.

Laporan : SAFARUDIN/TAUFIK

Related posts

Arak Dongdang Hiasi Hajat Bumi di Desa Bendungan

Dilakukan Penilaian, RW 11 Desa Wanaherang Sebagai Perwakilan Kabupaten Bogor Lomba Siskamling

Dinas PMD Lamsel Adakan Pembinaan Desa – Desa Wisata