Sebagai Narasumber SISKEUDES, Kabupaten Garut Miliki Sekdes yang Kompeten

GARUT, INFODESAKU – Aplikasi Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES) adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Aplikasi ini diperuntukan bagi kebutuhan pengelolaan keuangan Desa,akantetapi masih banyak Desa yang belum faham dengan pengoprasian aplikasi itu.

Hal ini menjadi PR tersendiri bagi Pemerintah Daerah untuk terus mengupayakan agar sistem tersebut benar-benar dapat dijalankan dengan baik oleh setiap Desa khususnya yang berada di Kabupaten Garut.

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (DPMD) Kabupaten Garut, sejak awal tahun 2018 terus melakukan sosialisasi dan pelatihan ke setiap Sekdes atau Desa dengan cara keliling bergiliran per Kecamatan.

Akan tetapi, ada pemandangan yang berbeda saat Infodesaku mengikuti kegiatan Pelatihan di Aula UPK Kecamatan Kersamanah, yaitu dengan keberadaan salah seorang yang kabarnya Sekdes dari Desa Cikedokan, Kecamatan Bayongbong  yang menjadi narasumber Pelatihan. Kamis 12/4/2018

Saat ditanya lebih jauh, Deni Kurniawan selaku Sekdes Cikedokan mengatakan, bahwa betul dirinya sebagai Sekdes yang sekaligus narasumber.

“Saya memang Sekdes di Desa Cikedokan,dalam hal ini di minta pihak DPMD Garut untuk membantu dalam memberikan pelatihan SISKEUDES kepada para Sekdes di Kecamatan Kersamanah dan mungkin umum nya di Kabupaten Garut. Dan saya pribadi siap membantu kalau memang diperlukan sesuai kemampuan saya,” ungkapnya.

Lanjutnya, dirinya berharap, kedepan seluruh Desa di Kabupaten Garut,bisa menerapkan sistem aplikasi ini dengan berbasis Siskeudes  supaya dapat memberikan ketransparanan dan akuntabilitas keuangan.

“Ditahun 2018 saya bersama DPMD berkeliling hampir 12 hari atau 12 Kecamatan dengan target seluruh Desa di Garut. Saya pribadi selaku Sekdes yang diperbantukan,selama saya dibutuhkan  oleh DPMD dan para Sekdes,siap memberikan kontribusi yang positif untuk kelancaran Sistem Keuangan Desa.” Tutupnya.

Laporan: BS

Related posts

Dinas Perikanan Berkolaborasi Program SCG Asik Dan Imah

Petani Alpukat Sipit Kelawi, Asal Dusun Kayu Tabu Setiap Memanen Hasilnya Sangat Menjanjikan

Bangga, Desa Sukamaju Kecamatan Cibungbulang Lolos 5 Besar Lomba Desa Tingkat Provinsi Jabar Tahun 2023