Upaya Pendekatan Humanistik Pemdes Ciderum Sukses Buka Akses Jalan Umum Tanpa Ekses

BOGOR, INFODESAKU – Sinergitas Pemerintah Desa Ciderum, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor Bersama warga  RT 04 dan RT 05, RW 03 dengan tokoh masyarakat, ulama dan pemuda wujudkan keinginan warga untuk memiliki akses jalan yang dicita-citakan sejak era kepimpinan kepala desa Alm. Madrahi ditahun 90an.

Upaya pemerintah desa ciderum melalui pendekatan humanistik terhadap warganya, alhasil warga pemilik tanah yang terkena pelebaran jalan dengan penuh sukarelawan tanahnya diberikan secara cuma-cuma untuk kepentingan umum.

Asep Hudri kepala Desa Ciderum mengatakan pembukaan akses jalan ini sepanjang 1500 m dan lebar 3 m, akses jalan ini nantinya bisa dilalui warga menuju Desa Pancawati dan Cimande serta menjadi jalan alternatif untuk menghindari kemacetan di pasar Cikereteg.

“Saya sangat bersemangat sekali melihat antusiasme warga bergotong-royong mewujudkan akses jalan yang dapat dilalui roda empat kedepannya,” ujar Akep sapaan akrab warganya, pada kamis (19/04/2018).

Masih menurut Hudri, jalan kampung batu kembar RW 03 akan menjadi skala prioritas untuk dibangun infrastrukturnya dengan jalan yang layak, nyaman dan aman dilalui warga, target 2018 dan 2019 betonisasi jalan terealisasikan tuntas,” ungkap Hudri saat diwawancarai media infodesaku.

Tidak terlepas dari peran ketua RT 03, 04 dan Ketua RW 03 pekerjaan pelebaran tersebut dapat terealisasikan, langkah nyata komunikasi yang dibangun dengan warga didukung kepala Desanya.

Ketua RW 03 Abas menjelaskan kondisi keadaan akses jalan tersebut lebar 1.5 meter namun hanya dapat dilalui oleh roda dua saja dan jalannya buntu tidak dapat tembus ke jalan kabupaten Desa Pancawati.

“Dengan dibukanya akses jalan ini sangat bermanfaat bagi warga sebagai jalan alternatif dan mempermudah akses perekonomian warga,” ucapnya.

Nanang, tokoh pemuda kampung Batu Kembar menurutnya sangat bersyukur sekali akhirnya sekian lama keinginan warga sejak dulu ingin ada akses jalan ini akhirnya bisa terwujud.

“Alhamdulillah berkat dukungan pemerintah Desa Ciderum pembukaan jalan ini bisa dilaksanakan, Berharap Jalan yang bersatus jalan Desa ini kedepanya bisa cor betonisasi jalan atau di aspal oleh pemerintah,” harap Nanang.

Nampak hadir dilokasi pelebaran jalan tokoh masyarakat juga salah satu pemilik tanah yang terkena pelebaran jalan, media mencoba mengajak berbincang dengan H. Apud ia mengatakan tanpa ada rasa beban dan keberatan sebagian tanahnya untuk dijadikan jalan untuk kepentingan umum.

“ikhlas dan rela sebagian tanah pak haji untuk kepentingan jalan umum, agar manfaatnya bisa dirasakan oleh semua warga, anak dan cucu pak haji. Terkena pelebaran 1.5 meter, jika 3meter juga pak haji ikhlas asal kompak semuanya.” Terangnya.

Kinerja kepala desa sukses membuka akses jalan tersebut mendapatkan apresiasi dari Habib Husin Shahab salah satu warga yang telah 25 tahun tinggal di Desa Ciderum.

“Semoga setiap langkah kepala Desa terus istiqomah melayani warganya. Kali ini bagian daripada kinerja kepala desa  ia pantas diapresiasi oleh warganya.” pungkasnya.

Laporan : Fauzi

 

Related posts

Dinas PMD Lamsel Adakan Pembinaan Desa – Desa Wisata

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional

Kadis PMD Lampung Selatan Tinjau Pembangunan Objek Wisata Way Kerinjing Legend Emas Setajau