Wujudkan Bumdes Cerdas, DPMD Jabar Gelar Worshop Pemasaran Produk Pedesaan Berbasis IT

BOGOR, INFODESAKU – Bertempat di aula BKPP Wilayah I Bogor, jumat (29/6), sebanyak 131 peserta berasal dari wilayah Bogor, Cianjur, Sukabumi dan Purwakarta, mengikuti Workshop pemasaran Produk Perdesaan Berbasis Teknologi Informasi untuk mewujudkan BUMdes cerdas di Jawa Barat oleh DPMD Provinsi Jawa Barat.

Kepala Bidang PUEM-DPMD Provinsi Jabar Drs. Rusyandi. Msi dalam arahannya saat membuka workshop menerangkan, workshop ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan bagaimana mengaplikasikan sebuah produk sehingga mereka tumbuh kembang dan membebaskan jejaring yang lebih luas, agar produk mereka di kenal dunia luar.

Sementara pada sesi pemaparan, Ihsan sebagai narasumber yang didatangkan dari akedemisi mengatakan bahwa tujuan didirikannya BUMDes berbasis informasi teknologi adalah agar masyarakat desa dapat lebih mengenalkan potensi desa masing-masing secara luas sehingga dapat lebih mempercepat gerak laju roda ekonomi desa.

“Pembangunan tidak berputar kebelakang tapi berputar kedepan, orang bebas berdagang, suka tidak suka jaman sekarang itu serba Online,” ungkapnya.

Sementara itu, Sopan sebagai Pendamping Desa Kabupaten Bogor, menambahkan bahwa pembuatan BUMDes berTeknologi harus dilakukan sesuai dengan aturan.

“Aturan yang berlaku dan mengacu pada Peraturan Kementerian Desa Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2015 tentang Pendirian, Pengurusan dan Pengelolaan, dan Pembubaran Badan Usaha Milik Desa,” singkatnya.

Laporan : BY

Related posts

Arak Dongdang Hiasi Hajat Bumi di Desa Bendungan

Dinas PMD Lamsel Adakan Pembinaan Desa – Desa Wisata

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional