Arak-arakan Hasil Panen Warga Desa Sukagalih Jonggol Hingga Satu Kilo Meter

BOGOR, INFODESAKU – Di Kampung Serdang tepatnya, terlihat ribuan warga Desa Sukagalih kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor mengarak dondang. Arak-arakan dondang sepanjang 1 kilo meter ini merupakan tradisi sejak lama, dongdang yang dihiasi hasil bumi dan hiburan warga dilakukan sebagai wujud syukur berkat hasil panennya pertahun telah didapatnya.

Arak-arakan itu sendiri dimulai dari kampung Serdang, Desa Tegal Panjang kecamatan cariu dan titik akhir di depan halaman kantor desa Sukagalaih. Sabtu, (07/7).

Nampak terlihat pengamanan dari Linmas, Satpol PP dan Ormas Pemuda Pancasila. Kemeriahan arak-arakan itu dijadikan hiburan dan tontonan warga di sepanjang deretan jalan utama yang dilewati.

Sedekah bumi atau yang lebih dikenal dengan hajat bumi ini hanya berlangsung disiang hari, adapun sabtu malam diisi dengan hiburan berupa seni budaya tari Jaipongan yang didatangkan dari wilayah luar dengan menggunakan jasa entertainment Nendi Group,” siangnya kita sedekah bumi dengan mengarak hasil panen, dilanjutkan malamnya denga tampilan seni budaya daerah Jawa Barat berupa seni tari jaipongan,” ungkap Samsudin Kepala Desa.

Masih kata dia, bahwa tradisi hajat bumi ini merupakan ungkapan rasa syukur atas karunia yang sudah diberikan oleh yang maha kuasa, kegiatan ini juga sebagai upaya permohonan keselamatan serta keberkahan hidup untuk masa selanjutnya.

Ia berharap dengan acara hajat bumi ini lancar hingga akhir tanpa ekses, dan mudah-mudahan di tahun depan hasil panen masyarakat lebih banyak dan bagus hasilnya. Mudah-mudahan tahun depan acara ini dapat terselenggaralebih meriah lagi.” Pungkasnya

Laporan:
ANDI. F

Related posts

Dinas PMD Lamsel Adakan Pembinaan Desa – Desa Wisata

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional

Kadis PMD Lampung Selatan Tinjau Pembangunan Objek Wisata Way Kerinjing Legend Emas Setajau

1 comentar

Acep surya 08/07/2018 - 10:58

Mantap mudah-mudahan kedepannya lebih meriah lagi, dengan menambahkan seni budaya di masing-masing wilayah

Add Comment