DPMD Gelar Peningkatan Kapasitas Kepala Desa

BOGOR, INFODESAKU – Bertempat di Hotel Gerbera, Jalan Raya Puncak Cipayung Girang, Kecamatan Megamendung, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Bogor, menggelar kegiatan peningkatan kapasitas Kepala Desa yang ada di 416 Desa dari 39 Kecamatan se-Kabupaten Bogor yang dibagi dalam 4 angkatan, per angkatan 104 orang Kepala Desa.

Menurut M.Jamalludin, Kepala Seksi Aparatur Pemerintahan Desa mengatakan bahwa kegiatan ini mempunyai muatan bagaimana membangun moralitas seorang Pimpinan dan menggali potensi-potensi yang ada di Desa nya masing-masing.

“Para Kepala Desa kita berikan wawasan kajian materi keilmuan sistem pemerintahan Desa dan motivasi bagaimana cara penggalian potensi Desa seperti perundangan-undangan, sistem keuangan desa, lembaga BUMDes dan lain sebagainya. Side effectnya agar senantiasa termotivasi revolusi moralitasnya bagaimana seorang pimpinan dapat menyelenggarakan pemerintahan yang baik,” terangnya saat ditemui di sela-sela kegiatan, pada Senin (23/07).

Masih kata Jamalludin, Ia menambahkan dalam kegiatan ini pihaknya mengundang beberapa nara sumber dari Pusat, Dirjen Bina Pemerintahan Desa, DPSDM dan DPMD Provinsi Jawa Barat.

“Kegiatan yang digelar selama 4 hari kedepan ini di isi dengan berbagai materi dan nara sumber yang berkompeten dalam bidangnya,” tandas Jamalludin.

Sementara itu Wahyudin, Kepala Bidang Pengembangan Potensi Desa DPMD Provinsi Jawa Barat, seusai memberikan materi kepada para peserta mengatakan tidak semua perangkat Desa itu tahu secara mendetail tentang penyelenggaraan Pemerintah Desa.

“Untuk menggali potensi itu perlu waktu,tenaga dan pikiran secara khusus. Maka dari itu kegiatan seperti ini perlu dilakukan karena secara materi didalamnya banyak menggali berbagai potensi yang ada di Desa nya masing-masing serta menumbuh kembangkan inovasi sehingga menjadi lebih baik dan akuntabel dalam pelaksanaan pembangunan di Desa.” pungkasnya.

Laporan :
TAUFIK HIDAYAT

Related posts

Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan Raih Penghargaan Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya dari Presiden

Iwan Setiawan Optimis KLA Dapat Terwujud di Kabupaten Bogor Dengan Sinergitas dan Kolaboratif

Momentum HJB ke-541 Camat Sukamakmur Ajak Stakeholder Untuk Tingkatkan Pelayanan Masyarakat