Puluhan Warga Galuga Ikuti Sosialisasi Gelandangan dan Pengemis Berbasis Masyarakat

BOGOR, INFODESAKU – Pemerintah Desa Galuga, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor, Rabu siang (18/07) adakan rehabilitasi Sosial Pengemis Berbasis Masyarakat melalui Bimbingan Sosial fisik Mental dan Keterampilan Praktis PSBK “PAGUDI LUHUR” Bekasi.

Endang Sujana Kepala Desa Galuga saat ditemui infodesaku usai acara mengatakan, kegiatan ini untuk merehabilitasi gelandangan.

“Melalui program pemerintah yang di gagas oleh TKSK, Desa, Kecamatan. Melalui Bimtek ini mereka diberikan Pelatihan Ketahanan Perekonomian Sosial,” ungkapnya.

Endang berharap, baik pemerintah pusat, maupun pemerintah kabupaten bogor, mengigat kedepan TPA Galuga dipindahkan mungkin akan menimbulkan kesenjangan ekonomi. Biasaya warga bekerja dari pagi sampai sore maka mereka akan hilang dari pekerjaanya. “Mudah-mudahan kedepan Ada lagi pelatihan untuk pemberdayaan satu pendidikan kesehatan dan perekonomian,” harapnya.

“Terimakasih sekali kepada pemerintah Kabupaten BOGOR dan pusat, serta Dinas Sosial yang sudah menurunkan tim untuk memberikan pembekalan kepada masyarakat. Ini sangat berguna sekali khususya untuk warga galuga,” pungkasnya menambahkan.

Di tempat yang sama Edi TKSK Cibungbulang menambahkan, kegiatan ini sangat bagus dan positif karena masyarakat disini cenderung pada pemulung. Adapun suatu saat TPA di tutup, Masyarakat akan mampu usaha mandiri.

“Dalam kegiatan ini peserta selain diberikan bimbingan sosial mental praktek tata boga, mereka pun akan diberikan bantuan bentuk materi dengan jumlah kurang lebih sebesar satu juta lima ratus ribu langsung melalui rekening masing-masing,” jelasnya.

Lebih lanjut, Edi berterima kasih kepada Kepala Desa Galuga yang telah membantu proses pembuatan rekening sekitar 40 peserta ini.

“Warga Galuga yang ikut dalam pelatihan tata boga ini usaha lah dengan sungguh-sungguh sesusai dengan pelatihan dan kemampuan di bidang masing-masing,” pintanya.

Laporan : IES

 

Related posts

11 Inovasi Yang Sukses Jadikan Desa Sukamaju Masuk 5 Besar Desa Terbaik Tingkat Jawa Barat Tahun 2023

Inovasi Salam Besti Signifikan Turunkan Angka Stunting, Desa Sukamaju Sukses Masuk 5 Besar Desa Terbaik Tingkat Jabar 2023

Inovasi “Mata Dewa” Desa Sukamaju Kecamatan Cibungbulang Wujudkan Data Desa Presisi