Ada Kampung Ramah Lingkungan di Desa Gunung Geulis

BOGOR , INFODESAKU – Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) secara estafet mulai mengadakan penilaian beberapa desa di Kabupaten Bogor yang memiliki Kampung Ramah Lingkungan. Untuk Kecamatan Sukaraja ada tiga Desa yang memiliki Kampung Ramah Lingkungan yang dinilai oleh tim penilai dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor, diantaranya adalah Desa Pasirlaja, Desa Cijujung dan Desa Gunung Geulis, ketiganya dinilai secara bergantian pada Kamis (19/07).

Desa Gunung Geulis sudah lama memiliki kampung ramah lingkungan yang berlokasi di Kampung Gunung Geulis Rw 02, dikampung ini berbagai limbah sampah plastik di daur ulang menjadi berbagai produk yang mempunyai nilai jual, diantaranya pot bunga dari bekas botol plastik, berbagai hiasan dinding, bunga plastik dan masih banyak lagi produk yang dihasilkan dari limbah bekas plastik, selain itu kampung ini juga disetiap keluarga sudah mempunyai lobang biopori, juga mempunyai bank sampah yang bertugas menerima serta memilah sampah sampah organik dan anorganik.

Menurut salah satu tim penilai dari DLH, Sastri kampung Gunung Geulis berpeluang menjadi pemenang kampung ramah lingkungan, karena beberapa point yang menjadi faktor penilaian sudah dimiliki kampung ini.

” Kampung ini berpotensi menjadi pemenang kampung ramah lingkungan, karena beberapa point yang menjadi syarat penilaian dimiliki diantaranya, pemilahan sampah, biopori, serta pengomposan sampah sudah berjalan dengan baik disini,” jelas Sastri.

Menurutnya, kepedulian terhadap pengelolaan sampah harus dimulai dari kampung, terutama kesadaran individu untuk peduli terhadap lingkungan tempat tinggalnya.

” Kepedulian masyarakat untuk menjadikan lingkungan yang sehat dan asri dimulai dari individu terlebih dulu, selanjutnya secara berkelompok bersama membangun suatu kampung menjadi bersih, sehat dan asri sehingga dapat menjadi destinasi wisata kampung sehat di Kabupaten Bogor, ” tuturnya.

Kepala Desa Gunung Geulis, Menteng Martin, berharap sama seperti tim penilai, kelak kampung Gunung Geulis dapat menjadi kampung tujuan wisata yang tentunya dapat mendongkrak pendapatan bagi warga kampung ini.

” Saya berharap nantinya kampung ini menjadi kampung tujuan wisata yang ada di Kabupaten Bogor, dengan demikian dapat mendongkrak pendapatan bagi warga desa kami,” ujar Martin penuh harap.

Laporan : AJH

Related posts

Dilakukan Penilaian, RW 11 Desa Wanaherang Sebagai Perwakilan Kabupaten Bogor Lomba Siskamling

Pasar Kalianda di H-5 Hari Raya Idhul Fitri 2023, Pengunjung meningkat 75%

Jaga Ekosistim, Kodim Lampung Timur Tanam 1000 Pohon Mangrove