Sejumlah Mahasiswa STIE Prima Graha, Melakukan KKN di Desa Cikolelet

SERANG, INFODESAKU – Mahasiswa STIE Prima Graha melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Cikolelet, Kecamatan Cinangka, dengan tema “Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Mikro Kecil Menengah Demi Meraih Masa Depan Gemilang”.

KKN Tersebut dilaksanakan mulai dari tanggal 28 Juli sampai 25 Agustus mendatang, dimana nantinya para Mahasiswa akan memberikan beberapa pelatihan yang erat kaitannya dengan pemberdayaan masyarakat desa Cikolelet sebagai rintisan desa wisata.

Beberapa tema pelatihan yang sedianya akan diselenggarakan diantaranya meliputi pelatihan Dasar Manajemen Homestay, Packaging Product oleh-oleh dan Pemanfaatan Bahan Pangan Lokal. Selain menyelenggarakan pelatihan, selama KKN berlangsung Mahasiswa juga mengikuti  kegiatan kemasyarakatan sehari-hari dan dilibatkan dalam kepanitiaan beberapa agenda Pemerintah Desa, antara lain Perayaan HUT Kemerdekaan RI dan event budaya Ngagurah Dano yang berlangsung pada hari Minggu tanggal 5 Agustus mendatang.

Ahmad Saputra ketua KKN menjelaskan, Disini kan desa wisata jadi kami akan melaksanakan beberapa pelatihan tentang Homestay dan Pengemasan Produk Oleh-oleh. “Jadi bukan hanya pariwisatanya, tapi juga pengembangan ekonomi kreatifnya. Bagaimana mengolah bahan pangan lokal untuk dijadikan makanan khas dan oleh-oleh. Diharapkan nantinya ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat setempat,” singkatnya.

Sementara itu, Kepala Desa Cikolelet Ojat Sudrajat mengapresiasi kegiatan KKN yang dilakukan sejumlah mahasiswa STIE Prima Graha.

“Semoga bisa bersinergi dengan pemerintah dan masyarkatnya untuk membangun desa,” harapnya.

Ditempat yang sama Dosen Pembina Lapangan dari STIE Prima Graha, Rina Fitriana, MM menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan saat dimana para mahasiswa terjun ke masyarakat untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang didapatnya di bangku kuliah agar dapat berguna bagi masyarakat.

“Tolak ukur ilmu itu bukan banyaknya, tapi kebermanfaatannya untuk sesama,” ungkapnya.

Laporan : Wanda

Related posts

Petani Alpukat Sipit Kelawi, Asal Dusun Kayu Tabu Setiap Memanen Hasilnya Sangat Menjanjikan

Bangga, Desa Sukamaju Kecamatan Cibungbulang Lolos 5 Besar Lomba Desa Tingkat Provinsi Jabar Tahun 2023

Arak Dongdang Hiasi Hajat Bumi di Desa Bendungan

1 comentar

Kurniawan 31/07/2018 - 09:14

Mantap…
Mari kita dukung

Add Comment