DPMD Kabupaten Bogor Gelar Pelatihan Sensus Bagi 416 Desa

BOGOR, INFODESAKU – Dalam rangka pengembangan sistem informasi sesuai dengan Perbup No.68 Tahun 2017, tanggal 11 Desember 2017 tentang Sistem Informasi Desa di Kabupaten Bogor. DPMD Kabupaten Bogor melakukan pelatihan sensus pendataan desa kegiatan pengembangan sistem informasi desa bagi 416 Desa Bogor, Senin (30/07).

Menurut Kasi pendataan desa Helena Dwi Astuti, Pelatihan untuk pendataan di desa seperti data  penduduk, pendidikan, ekonomi dan kesehatan selanjutanya bisa dikembangkan. Ada nya data base di desa, jadi desa memiliki data dasar yang valid.

“Setiap desa diberikan instrument dan aplikasi SIPPEDES (Sistem Pendataaan Potensi Desa) dari DPMD nantinya diisi direkap melalui data entry dari masing-masing desa di report ke tingkat kecamatan dan di kirim ke DPMD,” ungkapnya.

“Manfaat yang bisa diambil dari pemanfaatan SID (Sistem Informasi Desa) adalah dorongan kepada perangkat desa untuk bisa transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan desa, sehingga masyarakat mudah dalam mengakses informasi desa,” jelasnya menambahkan.

Laporan : BY

Related posts

Sosialisasi Perda Kemajuan Kebudayaan di Kabupaten Sukabumi, Ini Tanggapan Ketua Komisi IV

255 Peserta Semarakkan Kegiatan Pasang Giri Ibing Silat Antar Paguron

Petani Alpukat Sipit Kelawi, Asal Dusun Kayu Tabu Setiap Memanen Hasilnya Sangat Menjanjikan