Desa Cihaurkuning Bangun TPT Dari Dana Aspirasi

GARUT, INFODESAKU – Warga Kampung Citalahab, Desa Cihaurkuning, Kecamatan Malangbong biasanya selalu merasa was-was bila musim penghujan tiba, dikarenakan tebing setinggi 8 meter kerap kali longsor yang mengakibatkan jalan utama desa terputus karena tertutup oleh material longsor. Tak hanya itu, rumah warga yang berada di bawah tebing tersebut merasa takut akan terkena imbas dari longsoran tanah, begitupun rumah warga yang berada atasnya juga merasakan ketakutan akan ikut tergerus longsor karena tebing setinggi 8 meter tersebut memang rawan longsor.

Berbekal dari kejadian tersebut Pemerintah Desa Cihaurkuning melakukan lobby kesetiap partai untuk menggalang dana lewat aspirasi karena jalan yang kerap kali tertimbun longsor itu merupakan urat nadi kelancaran lalu lintas perekonomian masyarakat Desa Cihaurkuning, karena jalan tersebut merupakan jalan utama desa.

Dana Desa yang dikucurkan oleh pemerintah pusat tidak cukup untuk pembangunan TPT (Tembok Penahan Tanah) tersebut, disamping itu tebing tersebut tidak masuk kedalam draft anggaran dana desa.

Pucuk dicinta ulam pun tiba, dana aspirasi dari Fraksi PKS (Partai Keadian Sejahtera) menyambut baik keinginan pemerintah Desa Cihaurkuning untuk membangun DPT tersebut dengan menggelontorkan dana aspirasinya.

Melalui CV. Pusaka Jembar Karisma, kader Partai PKS Muchlisin menunjuk untuk pembangunan Turap tersebut, dengan pelaksana lapangan Pepen Supendi. Adapun total volume pengerjaannya dari TPT Turap tersebut yakni 170 m3, dengan tinggi turap bervariasi dari 5 m dan 2 m, lebar 120 cm dan panjang 30 m, dengan total anggaran yang digelontorkan sebesar Rp. 161.151.000.

Kepala Desa Cihaurkuning, Syarif Rahmat S.Sos menuturkan, sangat berterima kasih sekali atas kucuran dana aspirasinya kepada Partai PKS yang telah membantu pembangunan di desanya.

“Mudah-mudahan bila musim penghujan tiba, warga kami tidak merasa resah lagi karena longsor. Perlu diketahui selama saya menjabat sebagai Kepala Desa Cihaurkuning tebing tersebut sudah 7 kali longsor,” ungkapnya singkat saat ditemui infodesaku diruang kerjanya, Jumat (3/8).

Laporan : RIYADI

Related posts

Arak Dongdang Hiasi Hajat Bumi di Desa Bendungan

Dinas PMD Lamsel Adakan Pembinaan Desa – Desa Wisata

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional

1 comentar

M maksudin 03/08/2018 - 20:44

Mantappp

Add Comment