Disdukcapil Garut Gelar Operasi E-KTP

GARUT, INFODESAKU – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil bersama dengan Dinas Peehubungan, Satpol PP dan Kepolisian mengelar oprasi E- KTP di Jalan Limbangan-Selaawi tepatnya di perbatasan Desa Dunguswiru dan Desa Galihpakuwon Kecamatan Limbangan, sasaran oprasi para pengendara sepeda motor yang melintas dijalur tersebut sebagaimana dijelaskan oleh salah satu petugas Disdukcapil, Selasa (04/09).

Staf Inovasi Pelayanan Kependudukan Edi Kusnadi menjelaska,n operasi ini hanya bersipat pendataan dan pengarahan terhadap masyarakat agar setiap keluar rumah KTP harus selalu dibawa dan bagi yang kedapatan belum memiliki KTP harus segera membuatnya dan untuk pelanggar kami tidak memberikan sangsi.

“Oprasi ini hanya bersifat pendataan dan pengarahan bahwa KTP tersebut sangat penting karena sebagai identitas diri,” jelasnya.

Edi juga menambahkan operasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya KTP dan pembuatan KTP itu sangatlah mudah tidak seribet bayangan masyarakat.

“Untuk membuat KTP masyarakat tinggal bawa fotocopy KK dan pengantar dari desa terus daftar dan melakukan perekaman dikecamatan,” pungkasnya.

Agus warga Desa Limbangan Timur yang terjaring operasi mengungkapkan oprasi ini sangat bagus dan simpatik karena petugas memberikan pencerahan perihal pentingnya dan mekanisme pembuatan KTP namun apa dampak nyata dari oprasi ini.

“Dari penjelasan petugas memang mudah membuat KTP itu, tapi fakta dilapangan jangankan yang belum daftar ribuan orang yang sudah melakukan perekaman pun masih banyak yang belum jadi KTP nya,” ungkapnya.

Agus juga menyebutkan jangan sampai operasi ini hanya sebuah seremoni belaka tapi harus ada realisasinya jangan sampai aktivitas warga terhambat karena KTP yang tak kunjung jadi.

Laporan : BHEGIN

Related posts

Petani Alpukat Sipit Kelawi, Asal Dusun Kayu Tabu Setiap Memanen Hasilnya Sangat Menjanjikan

Bangga, Desa Sukamaju Kecamatan Cibungbulang Lolos 5 Besar Lomba Desa Tingkat Provinsi Jabar Tahun 2023

Arak Dongdang Hiasi Hajat Bumi di Desa Bendungan