Optimalisasi Padat Karya Tunai DD 2018, Pancawati Aspal Jalan Desa

BOGOR, INFODESAKU – Melalui program Padat Karya Tunai (PKT), Pemdes Pancawati, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor bersama warganya tuntaskan pelaksanaan pengaspalan jalan desa dengan volume Panjang 1.700meter terletak di Kampung Pasir Tengah RW 07 dan RW 08. Pantauan media saat dilokasi awal dimulai dikerjakan warga sangat antusias mengikutinya. Sabtu (08/09).

Sekedar diketahui budaya semangat gotong- royong yang telah mulai terkikis dengan zaman, adanya program (PKT) nampak kebersamaan dan kerjasama antar warga tumbuh kembali. Seperti yang diungkapkan Hidayatullah warga RW 07 saat mengikuti membersihkan sekitaran jalan yang akan diaspal ia mengatakan memang seharusnya warga itu dilibatkan dan bersama-sama melakukan gotong-royong agar semua warga merasa memilikinya, tidak hanya itu saja wargapun turut serta menjaganya agar usia aspal jalan ini kedepannya dirasakan manfaatnya dalam jangka waktu lama.

“Melalui adanya program (PKT) kami sebagai warga tergerak kembali untuk menjaga tradisi gotong-royong agar kebersamaan antar warga terjaga utuh hingga anak dan cucu-cucu kita sebagai generasinya hidup rukun saling asah, asuh dan asih. ini salahsatu yang diajarkan nenek moyang kita yang harus diamalkan dalam bermasyarakat. wakili warga, kami sangat bersyukur dan berterimakasih kepada Allah swt dan pemerintah Desa yang hingga saat ini terus berusaha dan memperhatikan kebutuhan warganya,” ungkapnya.

Terwujudnya pengaspalan jalan tersebut tiada lain dengan mengoptimalkan penggunaan alokasi Dana Desa (DD) tahun 2018. Berdasarkan informasi pada papan kegiatan pada tahap satu diterimanya Desa Pancawati sebanyak 20 % Berjumlah Rp. 173.300.000,- dan tahap dua 40 % berjumlah Rp. 346.600.000,- dengan menghabiskan total anggaran seluruhnya berjumlah Rp. 519.900.000,-.

Menurut Kepala Desa H. Iqbal Jayadi mengatakan pengaspalan jalan dengan menggunakan (DD) tersebut berdasarkan kebutuhan warga, warga kami sangat membutuhkan akses jalan yang layak untuk dilintasi. Hal itu merupakan hasil pengajuan warga yang disepakati bersama pada musrenbangdes 2017.

“Pengaspalan Jalan ini pengajuan warga pada tahun 2017 direalisasikan pada 2018 ini telah sesuai berdasarkan RKPDes dan RPJMDes yang dibahas bersama dalam pengajuan pada musdes dan disepakati pada musrenbangdes, alhasil menjadi skala prioritas,” Kata Iqbal kepada awak media saat ditemui diruang kerjanya.

Masih kata Iqbal untuk program pembangunan Infrastruktur jalan desa bagi Desa Pancawati di tahun 2019 saja masih menjadi skala prioritas. Kami berharap jalan desa betul-betul tuntas semuanya ditahun 2019 tidak ada lagi jalan berbatu, semoga keinginan dan kebutuhan warga terpenuhi hingga akses jalan dan laju perekonomian mudah dan nyaman.

“Bila semua bidang Infrastruktur tuntas, pemerintah akan fokus pada pengembangan sektor lainnya seperti wisata yang saat ini sedang dikembangkan oleh pemuda karang taruna desa dan fokus pada kegiatan pemberdayaan masyarakat serta melakukan inovasi-inovasi desa pada bidang IT salahsatunya untuk peningkatan pelayanan publik,” ujarnya.

Sementara Edi Junaedi Ketua Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) ia menuturkan pengerjaan pengaspalan jalan ini selain melibatkan warga secara tekhnis menggunakan jasa tenaga ahli. Tidak mungkin pengaspalan jalan dikerjakan langsung oleh warga, karena mereka tidak memiliki kompeten dibidang itu yang ada nanti hasilnya tidak sesuai apa yang diharapkan. Adapun pembelajaan material bahan baku pengaspalan seperti aspal, split dan batu kami bekerjasama dengan CV. Rajanska Bangun Tama, untuk diketahui pelaksanaan pengaspalan jalan desa  P1.700M x L 2.5 xT 0.03 dilaksanakan secara bertahap.

“Mengingat anggaran yang diterima diberikan bertahap sehingga pengerjaannyapun dibagi dua tahap sesuai turunnya anggaran ke Kas Bendahara Desa,” tandasnya.

Diakhir pembicaraannya Edi mengimbau dan berpesan agar jalan desa yang telah diaspal semua warga menjaganya dengan baik, mengingat penting dan manfaatnya sangat dibutuhkan warga bahkan ini yang diimpikan warga ingin memiliki jalan yang mulus tidak berbatu dan berkrikil.

“Patut disyukuri bersama kini jalan yang diimpikan terwujud, mari kita jaga bersama-sama agar jalan yang telah diaspal ini tidak cepat ruksak dan berlubang.” pungkasnya.

Laporan : Fauzi

Related posts

Dinas PMD Lamsel Adakan Pembinaan Desa – Desa Wisata

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional

Kadis PMD Lampung Selatan Tinjau Pembangunan Objek Wisata Way Kerinjing Legend Emas Setajau