Kampung Ramah Lingkungan Desa Gunung Geulis Berpotensi Menjadi Juara Tingkat Kabupaten Bogor

BOGOR, INFODESAKU – Tim Penilai dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor untuk kedua kalinya kunjungi Kampung Ramah Lingkungan (KRL) yang berlokasi di Kampung Gunung Geulis Rw 02 Desa Gunung Geulis Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor pada hari Senin ( 17/09 ). Kedatangan mereka untuk mengadakan penilaian tahap kedua lomba Kampung Ramah Lingkungan tingkat Kabupaten Bogor.

Seperti diberitakan sebelumnya, KRL Desa Gunung Geulis telah didatangi tim penilai lomba KRL dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor beberapa bulan lalu, dan dinyatakan lolos seleksi awal sebagai salah satu KRL terbaik di Kabupaten Bogor, hari ini merupakan penilaian lanjutan untuk penentuan  KRL terbaik tingkat Kabupaten Bogor, selanjutnya akan diikutsertakan dalam lomba KRL tingkat Provinsi Jawa Barat.

“Untuk kedua kalinya KRL Desa Gunung Geulis kita kunjungi sebagai tahapan kedua penilaian lomba KRL tingkat Kabupaten, beberapa point yang menjadi syarat KRL sudah terpenuhi disini, bahkan perputaran ekonomi warga terus meningkat karena adanya bank sampah yang dikelola secara baik di kampung ini,” terang Muji Lestari, ketua tim penilai dari DLH Kabupaten Bogor.

Menurutnya, Kampung Gunung Geulis sudah memenuhi syarat menjadi Kampung Ramah Lingkungan dan layak menjadi wakil dari Kabupaten Bogor untuk dilombakan ke tingkat Provinsi.

“Kampung ini sudah layak menjadi wakil dari Kabupaten Bogor dalam lomba KRL tingkat Provinsi, karena segala aspek pendukung untuk menjadi KRL terbaik sudah tertata dengan apik disini,” lanjut Muji.

Kepala Desa Gunung Geulis, Menteng Martin saat mendampingi tim penilai mengapresiasi kerja keras warga kampung Gunung Geulis yang terus konsisten menjaga eksistensi keberadaan Kampung Ramah Lingkungan didesanya.

“Apresiasi kepada warga kampung Gunung Geulis yang telah bekerja keras membuat kampungnya menjadi KRL, salah satu yang patut dijadikan contoh adalah pengelolaan sampah melalui bank sampah, selain menjadikan kampung bersih juga menghasilkan nilai lebih yang dapat mendongkrak pendapatan warga kampung,” ujar Martin bangga.

Kepala Desa berharap agar Kampung Ramah Lingkungan dikampung ini dapat menjadi contoh dan dapat ditularkan ke kampung lainnya di Desa Gunung Geulis.

“Kampung Ramah Lingkungan yang ada disini semoga menjadi contoh bagi kampung lain, harapan saya kedepan nantinya semua kampung di Desa Gunung Geulis menjadi Kampung Ramah Lingkungan dan dapat menjadi Icon Desa Gunung Geulis,” ujarnya penuh harap.

Laporan : AJH

Related posts

Dinas PMD Lamsel Adakan Pembinaan Desa – Desa Wisata

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional

Kadis PMD Lampung Selatan Tinjau Pembangunan Objek Wisata Way Kerinjing Legend Emas Setajau