Warga Sukaharja Lakukan Tradisi Seren Taun

BOGOR, INFODESAKU – Tradisi Seren Taun di Kampung Cijulang RT 01, RW 08, Desa Sukaharja, Kecamatan Cijeruk, yang dilaksanakan Senin siang (17/09) kali ini mengangkat tema “Dina Raraga Mapag Taun Kampung Cijulang Anu Ka 139”.  Tradisi ini secara turun temurun dilakukan dan sampai sekarang masih tetap dilestarikan oleh warga.

Masyarakat Desa Sukaharja berbondong-bondong untuk mengikuti prosesi upacara seren taun, turut hadir dari Muspika Kecamatan Cijeruk, Polsek Cijeruk, tokoh Adat, tokoh Agama, tokoh Masyarakat, tokoh Pemuda, serta Budayawan Karyawan Faturrahman.

Dalam acara seren taun ini warga berbondong-bondong megarak dongdang, penyerahan dongdang yang nantinya ada penilaian dari Ketua Pelaksana dilihat dari keunikan. Acara diisi juga penyerahan santunan, penampilan tari jaipong dan acara malam puncaknya wayang golek.

Kepala Desa Sukaharja Santoso mengatakan tradisi seren taun ini dilakukan setiap tahun sekali merupakan tradisi masyarakat sukaharja. “Dilakukan dalam rangka syukuran atau sedekah bumi hasil panen yang telah diberikan oleh yang maha kuasa, kegiatan upacara seren taun senantiasa tetap diilestarikan,” singkatnya.

Di tempat yang sama Budayawan Kabupaten Bogor Karyawan Faturrahman atau biasa disapa Karfat kepada Infodesaku menambahkan, upacara ini merupakan tradisi yang dilakukaan berulang-ulang menjadi satu agenda tahunan.

“Sebagai wujud syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan hasil panen yang melimpah dalam istilah upacara seren taun, sedekah bumi atau guru bumi dan kegiatan ini tetap dilestarikan sampai generasi selanjutnya,” pungkasnya.

Laporan : YUD

Related posts

Arak Dongdang Hiasi Hajat Bumi di Desa Bendungan

Dinas PMD Lamsel Adakan Pembinaan Desa – Desa Wisata

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional