Panen Raya Padi Organik Di Desa Kutawaringin

KUNINGAN, INFODESAKU – Panen raya padi organik di desa Kutawaringin Kecamatan Selajambe Kabupaten Kuningan diadakan pada Senin (17/09) mulai pukul 09.00 wib, kegiatan dipusatkan di lapangan sepakbola yang berdampingan dengan areal sawah Desa Kutawaring. Kegiatan ini melibatkan seluruh warga desa dan dibuka oleh Kepala Desa kutawaringin, Udin.

Hadir dalam kesempatan itu, Kepala Desa Kutawaringin, Kepala Desa  se-Kecamatan Selajambe, Muspika Kecamatan Selajambe,  Perangkat Desa, Tokoh Masyarakat Desa, Tokoh Agama.

Panen raya padi organik dihadiri pula oleh,Dirjend PAUD dan bimbingan Masyarakat, Kementerian Pendidikan dan kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan kebudayaan, Bupati Kuningan yang di wakilkan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan, Kapolres Kuningan yang diwakili oleh Kasat Intelkam, Dandim 0615/Kuningan yang diwakili oleh Danramil Subang, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kuningan, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kudus, Kepala Cabang BRI Kuningan, Ketua LKP (Lembaga Kursus dan Pelatihan) Vokasi Pertanian Lembah Kamuning Desa Cigugur, serta Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Selajambe.

Tidak  ketinggalan Kepala Desa yang ingin mengetahui teknik bertani yang tergabung dalam Kelompok Tani Ciayumajakuning, para Kepala Sekolah SD/MI, SMP/MTs, se-Kecamatan Selajambe, para Kepala Yayasan PAUD se-Kecamatan  Selajambe, para Ketua Kelompok Tani yang ada di Selajambe.

Panen padi organik ini di lakukan di lahan sawah sekitar 4,6 Ha di Desa Kutawaringin dan 3,5 Ha sawah di Desa Selajambe Kecamatan Selajambe di hari berikutnya.

“Terimakasih atas kerjasamanya dengan LPK Vokasi pertanian Lembah Kamuning Desa Cigugur Kecamatan Cigugur yang selama ini memberikan pelatihan pertanian ke para petani yang ada di desa Kutawaringin, sehingga bisa terlaksana panen raya padi organik ini,” Ujar Kepala Desa Kutawaringin, Udin, dalam sambutan pembukaan panen padi organik.

Selanjutnya pemilik LKP Lembah Kamuning, Drs. Sudarmoko, merasa senang atas keberhasilan memberikan pelatihan, arahan dan pendidikan mengenai ilmu di bidang pertanian kepada para petani yang ada di Desa Kutawaringin dan Desa Selajambe Kecamatan Selajambe, sehingga terlaksana panen raya padi organik ini.

“Kami berharap kerjasama ini berlanjut selamanya dan bermanfaat bagi para petani secara keseluruhan,” Ujar Sudarmoko.

Acara ini diakhiri dengan menikmati sajian kuliner di saung pinggir sawah, yang disiapkan oleh ibu ibu petani Desa Kutawaringin, diteruskan ramah tamah bersama kelompok tani dari Desa Kutawaringin dan Desa Selajambe .

Laporan : BUDI/AJH

Related posts

Dinas PMD Lamsel Adakan Pembinaan Desa – Desa Wisata

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional

Kadis PMD Lampung Selatan Tinjau Pembangunan Objek Wisata Way Kerinjing Legend Emas Setajau