Peringati Hari Kesaktian Pancasila MPG dan GPS Bersihkan Aliran Sepanjang Sungai Cibodas

SUKABUMI, INFODESAKU – Demi menjaga lingkungan serta kelestarian sungai Majlis Pemuda Gaul Tapi Sholeh (Pemuda Gapleh) bekerjasama dengan Gabungan Pers Sukabumi (GPS) beserta jajaran Muspika Parungkuda gelar bersih-bersih Sungai Cibodas serta Penanaman Pohon.

“Kegiatan ini sudah menjadi agenda dari Majlis Pemuda Gapleh dan GPS dan kami akan selalu konsisten menjaga kelestarian sungai,” ungkap Ketua MPG Ustad Abi Asgun kepada Awak Media di lokasi, Minggu (30/09/2018).

Menurutnya, acara tersebut kebetulan bertepatan dengan hari kesaktian Pancasila yang jatuh pada 1 Oktober, oleh sebab itu kata dia, sebelum kegiatan bersih ini dimulai terlebih dahulu kita menggelar upacara bendera setengah tiang.

“Kenapa upacaranya setengah tiang, pasalnya kegiatan ini juga bertepatan dengan G 30 S/PKI dan ini sebagai rasa prihatin kami dengan adanya tragedi itu, tetapi keprihatinan tersebut kita implementasikan dengan kerja nyata yaitu dengan melakukan bersih-bersih sungai,” tuturnya.

Dengan demikian ia berharap bahwa, dengan adanya kegiatan bersih-bersih ini kedepan banyak sungai – sungai yang senantiasa terjaga kelestariannya.

“Sehingga di Sukabumi khususnya banyak sungai yang layak yang bisa dijadikan wahana bagi bermain anak-anak,” jelasnya.

Sementara Ketua GPS, Budi Arya menambahkan bahwa, kegiatan tersebut juga turut dibantu oleh berbagai pihak diantaranya, Gerakan Wadyabala Jokowi (GWJ) Jabar, Ikatan Pemuda Putra Daerah (IPRADA) Jajaran Muspika serta Warga Masyarakat.

“Oleh karena itu kami sangat berterimakasih kepada semua pihak yang senantiasa membantu terlaksana kegiatan bersih – bersih ini dan rencananya ini akan menjadi agenda rutin setiap tiga bulan sekali agar kelestarian sungai ini dari hulu ke hilir senantiasa terjaga,” terangnya.

Selanjutnya ia menambahkan, selain membersihkan sungai juga pihaknya melakukan penanaman berupa pohon yang berbuah di pinggiran sungai.

“Pohon yang kami tanam itu diantaranya Sukun, Kopi, sama Pete. Dengan harapan ketika tanaman tersebut tumbuh besar dan berbuah itu bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar,” tutupnya mengakhiri.

Laporan : BA

Related posts

Dinas Perikanan Berkolaborasi Program SCG Asik Dan Imah

Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan Raih Penghargaan Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya dari Presiden

Dilakukan Penilaian, RW 11 Desa Wanaherang Sebagai Perwakilan Kabupaten Bogor Lomba Siskamling