Bupati Sukabumi Berharap Kepala Desa Dapat Mewujudkan Desa Mandiri dan Sejahtera

SUKABUMI, INFODESAKU – Meningkatkan pengetahuan dan kemampuan mengenai tugas serta fungsi kepala Desa, Pemerintah Kabupaten Sukabumi menyelenggarakan Bintek selama 3 hari dari 29 s/d 31 Oktober 2018, diikuti 81 Kepala Desa dan Ketua TP PKK yang di buka secara resmi oleh Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami di Hotel Sukabumi Indah, Senin (29/10).

Dalam sambutannya Bupati mengatakan, demokrasi dalam konteks pemilihan kepala desa dapat di yakini sebagai pengakuan keanekaragaman serta sikap politik partisipasif dari masyarakat dalam bingkai demokratisasi pada tingkat desa.

“Hal ini merujuk pada undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa, menentukan bahwa pemilihan kepala desa harus dilaksanakan secara serentak yang dilaksanakan bergelombang paling banyak 3 kali dalam jangka waktu 6 tahun,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan, kepala desa adalah pejabat pemerintah desa yang mempunyai wewenang, tugas dan kewajiban untuk menyelenggarakan rumah tangga desanya dan melaksanakan tugas dari pemerintah dan pemerintah daerah.

Bupati mengingatkan tugas dan fungsi kepala desa cukup berat sebagaimana yang diamanatkan undang-undang nomor 6 tahun 2014 yakni menyelenggarakan pemerintahan desa, melaksanakan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, pemberdayaan masyarakat serta menjaga hubungan kemitraan dengan lembaga masyarakat dan lembaga lainnya.

“Disamping itu kepala desa juga harus dapat menggali dan memaksimalkan sumber daya manusia dan sumber daya alam yang ada,” ujarnya.

Bupati berharap, melalui bimtek tersebut agar senantiasa tercipta situasi dan kondisi yang kondusif, aman dan nyaman di wilayah desanya masing-masing, serta dapat mendukung dan tercipta korelasi positif bagi tujuan kita bersama, yaitu mewujudkan Desa yang mandiri dan sejahtera, menuju kabupaten sukabumi yang religius dan mandiri.

Laporan : BEN/BA

Related posts

Petani Alpukat Sipit Kelawi, Asal Dusun Kayu Tabu Setiap Memanen Hasilnya Sangat Menjanjikan

Bangga, Desa Sukamaju Kecamatan Cibungbulang Lolos 5 Besar Lomba Desa Tingkat Provinsi Jabar Tahun 2023

Arak Dongdang Hiasi Hajat Bumi di Desa Bendungan