Sopir Main HP Saat Nyetir, Siap-Siap Saja Ditilang

SUKABUMI, INFODESAKU – Polres Sukabumi menghimbau agar para sopir atau pengendara kendaraan untuk tidak memainkan HP sesaat mengemudi. Pasalnya, pihak kepolisan akan menindak bahkan memberikan tilang karena mengancam keselamatan banyak pihak.

“Himbauan ini sesuai Pasal 283 yo 106(1) UU No 22/2009. Dimana, para pengendara yang sedang menggunakana HP dalam keadaan mengemudi bakal ditindak,” ujar Kepala Bagian Oprasi (KBO) Satuan Lalu lilntas Polres Sukabumi, Iptu Agus Suherman disela Oprasi Zebra Tahun 2018 di Jalan Raya Siliwangi Cibadak,  Kabupaten Sukabumi.

Dia mengatakan, Gelar Oprasi Zebra Tahun 2018 resmi ditutup hari ini, Senin (12/11/2018). Di Sukabumi khususnya, pihak kepolisian pun mengaku lebih menekan dan menertibkan pelanggaran bagi para pengendara dan mengantisipasi adanya tindak kiriminalitas di jalan raya.

Selain itu kata Agus, pihaknya juga melakukan penindakan terhadap sarana angkutan kendaraan bak terbuka pengangkut barang, baik itu muatan yang over kapasitas maupun digunakan untuk muatan orang.

“Kegiatan Operasi Zebra tahun ini resmi ditutup. Dan yang paling utamanya yakni memanimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, pelanggaran akan lemahnya kesadaran penggunaan kendaraan bak terbuka pun masih ditemukan. Akibatnya, dilakukan penindakan dengan Tilang sesuai pasal 303  Yo 137 (4) UU No.22/2009.

“Isinya yaitu bagi kendaraan bak terbuka yang memuat orang diberikan himbaun agar tidak mengulangi kembali,” jelasnya.

Sesuai kegiatan Operasi Zebra ini, lanjut Agus, dihimbau bagi para penguna kedaraan baik itu roda 4 dan roda dua agar membawa kelengkapan dikala berkendara. Selain itu, bagi masyarakat yang mempunyai anak belum memiliki umur yang cukup dewasa agar tidak berkendaraan di jalan raya.

“Beri ketegasan agar anak kita untuk tidak berkendara sebelum waktunya. Biasanya, anak dibawah umur kerap melakukan aksi ugal-ugalan dan ini rentan terjadi kecelakaan,” pungkasnya.

Laporan : BA/UJ

Related posts

Dinas Perikanan Berkolaborasi Program SCG Asik Dan Imah

Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan Raih Penghargaan Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya dari Presiden

Dilakukan Penilaian, RW 11 Desa Wanaherang Sebagai Perwakilan Kabupaten Bogor Lomba Siskamling