Kementrian Kominfo RI, BPJS, Bersama Pemkab Deli Serdang Sosialisasikan Program JKN

DELI SERDANG, INFODESAKU – Mengoptimalkan kepesertaan JKN (Jaminan Kesehatan Masyarakat) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI bersama BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial ) Kesehatan dan Pemerintah Kabupaten Deli Serdang menggelar sosialisasi optimalisasi kepesertaan JKN, Jum’at (23/11).

Acara yang digelar di Balirung Pemkab Deli Serdang, Lubuk Pakam ini diikuti 200 peserta terdiri dari  pimpinan OPD, para Camat, Kepala Puskesmas, Kepala Desa/Lurah dan Kelompok Informasi Masyarakat.

Direktur  Informasi dan Komunikasi & Maritim KemKominfo RI Seftiana Tangkari dalam arahannya mengatakan bahwa JKN adalah sarana untuk berjaga-jaga menghadapi kemungkinan ketika jatuh sakit, kita lebih siap menghadapi pembiayaan perawatan dan pengobatan.

“Kepesertaan JKN ini merupakan filosofi dari Gotong Royong adalah saling membantu antara masyarakat yang mampu dan yang  tidak mampu, subsidi silang yang sehat membantu yang sakit. Kita  mungkin tidak sakit namun iuran yang kita tunaikan dalam JKN akan membantu pihak-pihak yang  membutuhkan sesuai dengan mottonya “Dengan Gotongroyong Semua Bisa Tertolong”. Oleh karena itulah seluruh warga masyarakat Indonesia diwajibkan menjadi  peserta, sedangkan untuk masyarakat miskin iuran ditanggung oleh Pemerintah sesuai dengan kriteria yang ditentukan,” ungkapnya memaparkan.

Sementara itu, sambutan tertulis Bupati Deli Serdang yang disampaikan Staf Ahli Bupati dr. Hj. Aida Harahap MARS menjelaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Deli Serdang telah melakukan langkah-langkah bagi optimalisasi kepesertaan Program JKN guna mewujudkan jaminan kesehatan cakupan semesta UHC (Universal Health Coverage) Kabupaten Deli Serdang seperti  dengan menggelar Road Show diseluruh Kecamatan yang dilaksanakan pada Oktober 2018 yang lalu menghadirkan Kades dan perangkat desa, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

“Hingga saat ini kepesertaan sudah mencapai 48% dari jumlah penduduk Deli Serdang 2.029.308 jiwa, dan upaya peningkatan kepesertaan JKN ini terus dilakukan, sehingga seluruh masyarakat didaerah ini segera menjadi peserta JKN yang aktif,” terangnya.

Dijelaskan juga bahwa  Pemerintah Kabupaten Deli Serdang  sejak tahun 2008 telah  meprogramkan Jamkesda dengan alokasi dana APBD untuk masyarakat kurang mampu atau miskin, dan tahun ini telah diintegrasikan menjadi BPJS JKN, dengan dana APBD mencapai 42 Milyar dengan peserta mencapai  55.000 jiwa.

Laporan : ZUNI

Related posts

Dinas Perikanan Berkolaborasi Program SCG Asik Dan Imah

Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan Raih Penghargaan Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya dari Presiden

Dilakukan Penilaian, RW 11 Desa Wanaherang Sebagai Perwakilan Kabupaten Bogor Lomba Siskamling