TIK Optimalkan Program Inovasi Desa

BOGOR, INFODESAKU – Program Inovasi Desa atau yang disingkat dengan PID merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa melalui peningkatan kapasitas desa dalam mengembangkan rencana dan pelaksanaan pembangunan desa secara maksimal.

Tim Inovasi Kabupaten (TIK), pada tanggal 21 November sampai 23 Novembar mengadakan kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas TPID (Tim Pelaksana Inovasi Desa) di kampung wisata joglo Jl. Situhiyang, Kampung Tegal Waru, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, Jumat (23/11)

Para peserta pelatihan meliputi 7 Kecamatan diantaranya, Kecamatan Ciomas, Tamansari, Dramaga, Tenjolaya, Ciampea, Pamijahan, Cibungbulang dengan total 49 peserta. Materi yang disampaikan antara lain, pengorganisasian kelas/ bina suasana, kebijakan pembangunan desa dan PID, tugas tim pelaksana inovasi desa, meningkatkan kinerja TPID, identifikasi verifikasi, dan perumusan kebutuhan peningkatan kapasitas teknis desa.

Pendamping Desa sekaligus narasumber pelatihan TPID, M Sajidin menjelaskan, kegiatan ini dalam rangka untuk membekali Tim Pelaksana Inovasi Desa yang memiliki tugas yang berat dan mulia, yakni mengawal desa untuk melakukan inovasi dalam mengoptimalkan penggunaan dana desa.

“Sehingga diharapkan TPID memiliki kontribusi dalam menggali potensi di desa dan meningkatkan produktifitas masyarakat yang bertumpu pada kearifan lokal, nantinya bisa mewujudkan desa yang mandiri,” ungkapnya singkat.

Laporan : YUD/IES

Related posts

Dinas Perikanan Berkolaborasi Program SCG Asik Dan Imah

Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan Raih Penghargaan Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya dari Presiden

Dilakukan Penilaian, RW 11 Desa Wanaherang Sebagai Perwakilan Kabupaten Bogor Lomba Siskamling