Desa Sukajadi Kembangkan Potensi Desa Melalui Desa Wisata

BOGOR, INFODESAKU – Adanya potensi desa yang mampu untuk dikenali, mampu untuk dilakukan manajemen didalamnya serta mampu diajak untuk berpartisipasi didalamnya, maka keberadaan Desa mampu terus dijaga dan juga mencegah terjadinya urbanisasi yang memaksa warga desa untuk pergi ke perkotaan.

Meningkatkan potensi desa diharapkan desa juga tidak kalah dalam persaingan dalam pergerakan di dunia modern. Bahkan, dengan berbagai kearifan lokal yang berada didalamnya, nantinya bisa meningkatkan perekonomian masyarakat desa dan sebagai salah satu keunikan yang harus tetap dijaga kelestariannya.

Seperti salah satu potensi alam yang dimiliki Desa Sukajadi, Kecamatan Tamansari. Potensi alam Camping Ground Hutan Vinus Kali Mati, potensi yang terus dikembangkan dan dikelola oleh warga setempat.

Persisnya terletak di Kampung Sinarwangi, Camping Ground Hutan Vinus Kali Mati ini sudah sekitar 6 bulan lokasi wisata di kelola oleh warga. Pengunjung rata-rata dari anak sekolah bercamping datang di hari Sabtu dan Minggu untuk menikmati pemandangan pohon vinus dan berselfi.

Kades Sukajadi H. Alan Sm menuturkan, pemdes Sukajadi sudah berkoordinasi dengan pihak perhutani dan pihaknya tidak keberatan mengembangkan wisata ini, dengan catatan jangan ada salah satu perubahan dalam bentuk tanaman yang sudah tertata rapih.

“Program kedepan minimal kerjasama dengan pihak Desa Sukajaya, Tamansari, karena aset jalan menuju salaka sampai ke pure dan pohon vinus kali mati melalui desa sukajadi,” ungkapnya.

Alan berharap, Desa Sukajadi dapat menjadi desa yang mandiri dalam bentuk apapun.

“Jangan tergantung pada orang lain dan akan mengembangkan serta memanfaatkan potensi wisata yang ada, untuk menambah PAD Desa Sukajadi,” pungkasnya.

Laporan : YUD

Related posts

Dinas PMD Lamsel Adakan Pembinaan Desa – Desa Wisata

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional

Kadis PMD Lampung Selatan Tinjau Pembangunan Objek Wisata Way Kerinjing Legend Emas Setajau