Warga Asal Sukajadi Manfaatkan Pekarangan Jadi Kebun Hidroponik

BOGOR, INFODESAKU – Saat ini banyak orang memanfaatkan halaman pekarangan rumah atau lahan kosong yang bisa dijadikan taman sebagai penghijauan dan nilai ekonomis nantinya bisa dipasarkan.

Salah satunya seperti yang saat ini tengah digeluti Tajudin (30) warga kampung Sinarwangi RT 02/06, Desa Sukajadi, Kecamatan Tamansari. Dimana berawal dari hobi bercocok taman jenis sayuran konfensional, dirinya mempunyai ide mengembangkan tanaman sayuran hidroponik seperti pakcoy, bayam, salad hijau, salad merah, kangkung dan jenis sayuran lainnya.

Ditemui dikediamannya, Kamis (27/11), Tajudin menjelaskan, menanam sayuran hidroponik di banding sayuran konfensional, lebih mudah cara perawatan dan biaya produksi lebih terjangkau hanya modal awal saja, karena sayuran hidroponik dengan media air dan busa, dan tidak menggunakan pupuk pestisida hanya menggunakan air nutrisi.

“Dalam seminggu bisa memanen sayuran hidroponik sekitar 30 kg. kita tawarkan ke perumahan-perumahan wilayah bogor dan menjual ke sesama petani sayuran. Harga sayuran itu sendiri dirinya menjual dengan harga untuk sayuran pakcoy 20 ribu/kg, kangkung 15 ribu, bayam 25 ribu, dan salad 15ribu,” singkatnya.

Laporan : YUD

Related posts

Puisi Puisi Soleh Sohih

Soleh Sohih, Penggerak Literasi Nasional

Ini Amalan Saat Terjadi Gerhana Bulan Penumbra

1 comentar

Ahmad Hasanudin 02/12/2018 - 12:23

Oh saya tau ini , memang bapak Ajudin ini sangat kreatif, patut dicontoh oleh kaula muda.

Add Comment