Kabupaten Magetan Gelar Bursa Inovasi Desa 2018

MAGETAN, INFODESAKU – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kabupaten Magetan, Provinsi Jawa Timur menggelar Bursa Inovasi Desa yang merupakan sebuah ajang pertukaran ilmu pengetahuan tentang inovasi pembangunan dan pengembangan desa, di GOR Ki MAgeti, Kamis (06/12).

Dalam acara tersebut menghadirkan Kepala Desa dan BPD selaku pemangku kebijakan dalam pemerintahan desa, dalam rangka mempelajari berbagai materi Inovsi yang disajikan dalam acara tersebut.

Setelah itu para pemangku kebijakan diarahkan untuk diskusi dan konsultasi dengan Tim Ahli Kabupaten dalam 3 bidang, yaitu : bidang infrastruktur, bidang pemberdayaan dan bidang perekonomian. Diharapkan setelah acara bursa ini pemerintah desa berkomitmen tentang ide inovasi tersebut dan mereplikasi di desanya masing-masing.

“Bursa Inovasi Desa adalah adalah wadah pertukaran ilmu pengetahuan dan inovasi dalam membangun Desa, dan juga merupakan wujud keseriusan desa dalam menduplikasi sebuah ide inovasi dan tertuang dalam kartu ide dan kartu komitmen.” ungkap Kepala Dinas PMD Iswahyudi Yulianto saat menyampaikan sambutannya.

Kadin PMD juga menjelaskan bahwasanya Pemerintah Desa Komitmen dan sepakat tahun 2019 Dana Desa untuk membangun inovasi yang ada di desa.

Diantara peserta yang hadir adalah Kepala Desa Terung, Kecamatan Panekan, Kabupaten Magetan Supomo, yang hadir bersama ketua BPD dan berkomitmen untuk mewujudkan Desa Terung sebagai desa wisata religi. Karena desanya memiliki nuansa mistis yang sangat luar biasa dan terkenal sampai sekarang. Kedepannya akan ditata kelola sedemikian rupa rupa sehingga mampu membawa dampak bagi perekonomian masyarakat setempat.

Bursa Inovasi Desa tahun ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya antusiasme dan keseriusan pemdes meningkatkan, terbukti dengan banyaknya kartu ide dan kartu komitmen yang di ambil serta ditandatangani oleh Kepala Desa dan Ketua BPD dari sebagian besar desa yang ada di Kabupaten Magetan.

Kesuksesan acara ini merupakan wujud kerjasama yang sangat baik  antara TPID, PD, PLD,TA serta Dinas PMD Kabupaten Magetan yang bersinergi dalam memberikan kontribusinya demi kemajuan dan kemandirian bagi desa desa di seluruh penjuru kabupaten Magetan.

Laporan : CASTOLAN

 

Related posts

Paguyuban Pajajaran Anyar Gelar Milangkala Kelima, Hadirkan Seni Budaya Nusantara

Sosialisasi Perda Kemajuan Kebudayaan di Kabupaten Sukabumi, Ini Tanggapan Ketua Komisi IV

255 Peserta Semarakkan Kegiatan Pasang Giri Ibing Silat Antar Paguron